Pelaksanaan Kuliah Online Unimed Lancar Tanpa Kendala

Pelaksanaan Kuliah Online Unimed Lancar Tanpa Kendala
Unimed (Anaisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Sejak dikeluarkannya surat edaran Rektor Unimed yang salah satu poin isinya meniadakan kuliah tatap muka dan dialihkan melalui daring, hingga saat ini semua kegiatan tersebut berjalan aman dan lancar.

Rektor Unimed, Syamsul Gultom mengatakan, kuliah daring dan layanan akademik lainnya diberlakukan sejak 16 Maret hingga 17 April 2020. Kebijakan ini akan ditinjau ulang sesuai kebijakan pemerintah dan keadaan lanjutan tentang penyebaran COVID-19.

"Setiap hari kerja telah menerima laporan dari masing-masing dekan dan direktur pascasarjana, bahwa kuliah daring, ujian tugas akhir mahasiswa dan layanan akademik lainnya berjalan dengan aman dan sukses. Hingga saat ini belum ada kendala yang menghambat," katanya, Jumat (3/4).

Syamsul menuturkan, Unimed telah mengeluarkan berbagai kebijakan sebagai turunan dari kebijakan pemerintah pusat. Sejak 16 Maret hingga 17 April 2020 telah menerapkan kuliah daring, semua layanan akademik secara online dan bekerja dari rumah bagi dosen dan pegawai.

Dalam kuliah daring tersebut, menurut Syamsul, mereka meminta kepada semua dosen dan mahasiswa komisaris kelas agar membuat laporan setelah melaksanakan kuliah daring dan layanan akademik lainnya.

"Hingga saat ini telah ada ratusan mahasiswa yang mengikuti ujian proposal mahasiswa online, ujian meja hijau skripsi online dan ujian tesis online, serta layanan akademik lainnya dari semua program studi di lingkungan Unimed," ucapnya.

Guna mendukung proses layanan akademik berjalan lancar, pihak Unimed telah bekerjasama dengan Telkomsel dan Indosat. Setiap mahasiswa, dosen, dan tendik dapat paket 30 GB gratis. Serta kita memberi bantuan Rp 50 ribu per mahasiswa untuk membeli paket data internet.

"Kebijakan ini semua kita ambil agar proses kuliah daring dan layanan akademik lainnya harus berjalan dengan efektif, dimasa pencegahan penyebaran virus COVID-19. Saat ini jumlah mahasiswa aktif Unimed 23.788 orang," tegas Syamsul.

Di tempat terpisah Wakil Rektor 1, Restu menambahkan, di kantor WR 1 bidang akademik juga telah mengeluarkan edaran tentang pedoman kuliah daring melalui Spada.unimed.ac.iddan media lainnya, serta mengeluarkan edaran tentang layanan dan mekanisme ujian tugas akhir mahasiswa secara online.

"Kami pimpinan memiliki keinginan yang sama agar semua layanan akademik terutama proses kuliah dan ujian tugas akhir mahasiswa harus tetap berjalan secara efektif dan tidak mengalami kendala, walau kita sedang mengalami gangguan akibat dari COVID-19, yang sudah menjadi bencana dunia," tambahnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi