Terdampak Pandemi Covid-19, Ekonomi Jepang Tergelincir ke Jurang Resesi

Terdampak Pandemi Covid-19, Ekonomi Jepang Tergelincir ke Jurang Resesi
Ekonomi Jepang terdampak Covid-19 (Sydney Morning Herald)

Analisadaily.com, Tokyo - Jepang terjun ke dalam resesi pertamanya sejak 2015, dengan ekonomi terbesar ketiga dunia itu mengalami kontraksi 0,9 persen pada kuartal pertama karena bergulat dengan kejatuhan ditengah pandemi Covid-19.

Dilansir dari Channel News Asia, menurut data resmi Senin (18/5), penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) mengikuti penurunan 1,9 persen pada kuartal keempat 2019 karena kenaikan pajak dan angin topan menghantam Jepang, bahkan sebelum pandemi menutup sebagian besar ekonomi.

Resesi didefinisikan sebagai dua kuartal berturut-turut dari pertumbuhan PDB negatif, dan beberapa analis memperkirakan ekonomi Jepang akan lebih buruk karena dampak Covid-19 menjadi jelas.

"Kami perkirakan yang terburuk belum terjadi, dengan keadaan darurat di Jepang dan parahnya pandemi di antara negara-negara Barat yang terus mengganggu ekonomi Jepang," kata Naoya Oshikubo, ekonom senior di SuMi TRUST.

Namun demikian, hasil kuartal pertama sedikit lebih baik dari perkiraan para ekonom, dengan ekspektasi untuk penurunan 1,1 persen.

Jepang terpukul lebih keras daripada kebanyakan ekonomi negara maju oleh Covid-19, dengan lebih dari 16.000 kasus di seluruh negeri dan sekitar 750 kematian.

Namun, pihak berwenang khawatir akan ada lonjakan eksplosif, terutama di ibukota padat penduduk Tokyo, dan mendesak orang untuk tetap di dalam rumah dan bisnis untuk ditutup.

Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan keadaan darurat yang dicabut minggu lalu untuk sebagian besar negara, tetapi tetap di tempat untuk daerah kekuatan ekonomi Tokyo dan Osaka.

"Konsumsi pribadi telah menjadi korban utama pandemi Covid-19 karena pengeluaran konsumen sangat dipengaruhi oleh hal ini karena orang yang tinggal di rumah," kata Oshikubo.

"Tetapi ketidakpastian yang berasal dari penyebaran virus juga telah memukul investasi modal swasta karena perusahaan membatasi program pengeluaran mereka," tambah ahli.

Dalam upaya untuk mengurangi dampak terburuk dari krisis, Abe berjanji untuk memberikan setiap warga negara selebaran uang tunai ¥ 100.000 (US $ 930).

Hal itu adalah bagian dari paket langkah-langkah stimulus senilai sekitar US $ 1 triliun untuk melindungi pekerjaan, meningkatkan sektor medis dan mengurangi rasa sakit bagi keluarga yang bekerja.

Tingkat kunjungan wsiatawan telah turun sebanyak 90 persen, industri dan perdagangan terhenti dan Covid-19 juga memaksa penundaan Olimpiade Tokyo 2020 yang dianggap memberikan dorongan bagi ekonomi.

Menurut perincian laporan PDB, konsumsi swasta turun 0,7 persen kuartal ke kuartal, dengan konsumsi rumah tangga dan investasi perusahaan masing-masing turun 0,8 persen dan 0,5 persen.

Tetapi ketika pandemi Covid-19 menghantam ekonomi global, ekspor Jepang adalah yang paling terpukul, turun enam persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Dampak penuh dari Covid-19 pada ekonomi Jepang belum terasa dan para ekonom bersiap untuk bencana kuartal kedua.

Oshikubo mengatakan, organisasinya meramalkan penurunan tajam 10,2 persen pada kuartal kedua, yang akan menjadi yang terburuk sejak krisis keuangan 2008.

Yoshiki Shinke, kepala ekonom di Dai-ichi Life Research Institute, mengatakan kepada AFP, kuartal kedua akan jauh lebih buruk, memperkirakan penurunan sekitar enam hingga tujuh persen.

"Mengenai pertanyaan kapan ekonomi akan meningkat, semuanya tergantung pada jumlah yang terinfeksi dan kapan virus memudar," sebutnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi