Permudah Akses Modal Kerja Bagi Petani dan Nelayan

Permudah Akses Modal Kerja Bagi Petani dan Nelayan
Petani menjemur padi hasil panen di Desa Bomba, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (9/5). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj)

Analisadaily.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta jajarannya mempermudah akses pemberian stimulus modal kerja bagi petani dan nelayan.

“Saya minta prosedurnya dipermudah, aksesnya dipermudah, prosedurnya dibuat sederhana, tidak berbelit-belit,” kata Jokowi dalam rapat terbatas intsentif bagi petani dan nelayan untuk menjaga ketersdiaan bahan pokok, Kamis (28/5).

Sehingga, lanjutnya menjelaskan, patani dan petambak bisa memperoleh dana-dana yang dibutuhkan. Dia menilai, pemberian stimulus modal kerja penting bagi usaha pertanian, kelautan dan perikanan.

Dilansir dari Antara, bagi nelayan dan petani yang bankable atau memiliki akses terhadap jasa keuangan, penyalurannya bisa melalui perluasan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Sedangkan yang tidak bankable penyalurannya bisa lewat pembiayaan Ultra Mikro atau UMi, Program Mekaat dan skema lain melalui kementerian,” tambah Jokowi saat rapat yang berlangsung melalu konferensi virtual di Istana Jakarta.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi