Peduli Korban Banjir, Anggota DPRD Sumut Salurkan Bantuan

Peduli Korban Banjir, Anggota DPRD Sumut Salurkan Bantuan
Anggota DPRD Sumut salurkan bantuan untuk korban banjir (Analisadaily/Fransius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Simalungun - Lima Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Daerah Pemilihan (Dapil) X Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun peduli warga korban banjir di Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun.

Kelima anggota DPRD tersebut yakni Roni Renaldo Situmorang, Saut Bangkit Purba, Gusmayadi, Iskandar Sinaga, Hidayah Herlina Gusti Nasution. Mereka memberikan Bantuan diberikan yakni pakaian dewasa, pakaian anak-anak, sembako, dan lain-lain.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap masyarakat pemilih yang memberikan kepercayaan pada saat Pemilu. Bantuan tersebut diterima langsung oleh 40 Kepala Keluarga (KK) korban yang terdampak akibat longsor.

Camat Tapian Dolok, Sakban Saragih mengatakan, kronologis terjadinya longsor akibat derasnya debit air akibat hujan dengan intensitas tinggi. Bahkan selama enam tahun sudah sering banjir akibat dari air perkebunan yang mengarah dan bermuara ke lokasi banjir.

"Banjir ini sejak enam tahun lalu sudah pernah terjadi. Namun tidak separah ini. Sehingga banyak rumah warga terendam, bahkan sebuah musala terendam, serta air tersebut tidak surut padahal sudah memasuki enam hari," katanya, Rabu (24/6).

Camat menyebut, menurut masyarakat sekitar, banjir terjadi akibat tidak berfungsi gorong-gorong pembuangan air yang melintasi rel kereta api karena runtuh.

"Banjir terjadi akibat gorong-gorong yang melintasi rel kereta api tidak berfungsi dan rusak. Sehingga air tidak tersalur dengan baik. Akibat hal itu, masyarakat sudah pernah menyurati Balai Teknik Perkeretaapian agar segera diperbaiki," ungkap Camat.

Sementara itu, salah satu anggita DPRD Sumut, Roni mengatakan, kehadiran pihaknya untuk mempertanggungjawabkan atas dukungan dan kepercayaan masyarakat.

"Kehadiran kami berlima untuk melihat langsung kondisi warga yang terdampak korban banjir. Di sini kami akan menyurati langsung Balai Teknik Perkeretaapian untuk segera memperbaiki gorong-gorong yang tidak lagi berfungsi di areal rel kereta api," ucap Roni.

Sementara itu Saut Bangkit Purba mengatakan, kehadiran mereka bukan memandang lokasi lumbung suara pada saat pemilihan. Namun untuk menjalankan amanah yang telah dipercayakan masyarakat Simalungun.

"Kami melepas identitas. Kami berikan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian atas masyarakat. Dalam kondisi ini kita senasib-sepenanggungan," sebutnya.

(FHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi