Pemprov Sumut Siapkan Aplikasi Marketplace untuk UMKM

Pemprov Sumut Siapkan Aplikasi Marketplace untuk UMKM
Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, saat menjadi keynote speaker ‘Government Roundtable Series Covid-19: New, Next, Post’ yang diadakan oleh MarkPlus.inc secara virtual. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus melakukan berbagai upaya pemulihan perekonomian di tengah pandemi Covid-19. Di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), disiapkan Aplikasi Marketplace.

Hal tersebut dipaparkan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, saat menjadi keynote speaker ‘Government Roundtable Series Covid-19: New, Next, Post’ yang diadakan oleh MarkPlus.inc secara virtual.

"Dengan begitu, pelaku UMKM bisa bertransaksi ataupun mencari pasar yang lebih luas," kata Musa, Senin (27/7).

Tidak hanya Aplikasi Marketplace, jika memungkinkan, Pemprov Sumut juga akan memfasilitasi ongkos kirim barang yang terjual, serta memberikan pelatihan alih usaha kepada para pelaku UMKM agar tetap kreatif dan produktif di masa pandemi Covid-19.

Menurut Wagub, saat ini di Sumut ada 48.891 UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 yang perlu terus didorong untuk berbisnis secara online atau daring (dalam jaringan). Meski begitu, jaringan internet di pelosok daerah juga perlu menjadi perhatian.

"Ini kita harapkan bisa mendorong ekonomi kita, ini PR (pekerjaan rumah) kita ke depan agar UMKM bisa berbisnis secara online, begitu juga dengan jaringan (internet) di pelosok desa kita," ujar Wagub.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi