Lingkar Paluta Gelar Diskusi Publik Menjaga Harmonisasi di Tengah Pandemi

Lingkar Paluta Gelar Diskusi Publik Menjaga Harmonisasi di Tengah Pandemi
Lingkar Paluta gelar Diskusi Publik (Analisadaily/Tohong P Harahap)

Analisadaily.com, Gunungtua - Lembaga nirlaba Lingkar Paluta melaksanakan kegiatan diskusi publik dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda beserta elemen masyarakat. Diskusi bertema 'Menjaga Harmonisasi Masyarakat Adat dan Sosial di Tengah Pandemi Covid-19'.

Diskusi Publik yang dilaksanakan oleh Lingkar Paluta bertempat di aula kantor Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Paluta, Sabtu(22/8).

Ketua Lingkar Paluta, Hendri Hasibuan menyampaikan, diskusi ini menghadirkan ragam prespektif dalam upaya menjaga harmonisasi, tanggung jawab, sosial dan budaya masyarakat adat di tengah pendemi Covid-19 yang melanda.

"Fenomena Covid-19 tidak dapat dimaknai sepihak. Perihal wabah yang mengglobal, serta munculnya berbagai argumentasi multi perspektif kerap mewarnai laman pemberitaan, baik itu nasional ataupun internasional," ujarnya.

Selain itu, pernyataan perbuatan provokatif, konspiratif, dan tendensius, kerap menyulut gerak kolektif sosial yang salah.

"Dampaknya menghambat kebijakan penanggulangan Covid-19.ungkap ketua Lingkar Paluta," tegasnya.

Dengan diadakannya kegiatan diskusi publik ini, Ketua Naposo Nauli Bulung se-Kabupaten Padang Lawas Utara berharap masyarakat adat ataupun seluruh elemen masyarakat lainnya bisa terus menjaga keharmonisan dan tanggung jawab mengahadapi Covid-19.

Selama kegiatan berlangsung, panitia diskusi publik menerapkan protokol kesehatan, mulai dengan mencuci tangan sebelum masuk ruangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Hadir sebagai pemateri Ketua Umum Lingkar Paluta, Hendri Saputra Hasibuan, dan Harun Saleh Harahap.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi