Natal KNPI Sumut Diwarnai Bakti Sosial dan Swab Test Gratis

Natal KNPI Sumut Diwarnai Bakti Sosial dan Swab Test Gratis
Swab Test gratis (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Panitia Perayaan Hari Natal Komite Nasional Pemuda Indonesia Sumatera Utara (KNPI Sumut) dimulai dengan serangkaian kegiatan yang dirasakan baik oleh masyarakat.

"Ini Natal pertama yang dilakukan di periode kepemimpinan Samsir Pohan dan Nurul Yakin Sitorus sebagai ketua dan Sekretaris DPD KNPI Sumut," kata Ketua Panitia, Swangro Lumbanbatu, Kamis (24/12).

Natal adalah perayaan hari kelahiran Sang Juru Selamat, dan dimaknai dengan berbuat untuk sesama dan berbagi. Saat pandemi Covid-19 melanda, banyak sektor mengalami penurunan, dan berbagi adalah salah satu solusi nyata yang bisa dilakukan.

Perayaan Natal dimulai dengan serangkaian kegiatan, bakti sosial yang dilakukan 18-19 Agustus 2020. Panitia Natal DPD KNPI Sumut yang diketuai Swangro Lumbanbatu didampingi Sekretaris Panitia, Parno Mahulae, melakukan bakti sosial dengan membagikan sembako dan alat kesehatan seperti masker dan sabun cuci.

Bantuan dibagikan ke beberapa panti asuhan dan gereja, yakni Gereja HKBP Imanuel, Panti Asuhan El Shadai dan Panti Asuhan Tiga Bintang yang berada di Helvetia. Panitia juga membagikan bantuan sosial ke GKS Setiabudi Medan dan Panti Asuhan Anak Gembira Simalingkar.

Disebutkan Swangro, Natal tahun ini didedikasikan untuk masyarakat yang memerlukan dan terpinggirkan, yang mana untuk mengakses bantuan-bantuan sosial sangat sulit, bahkan ditiadakan keberadaaannya.

"Melalui bakti sosial ini juga harapannya perayaan Natal bukan hanya seremonial semata. Akan tetapi bagaimana Batal memberikan dampak yang memang tidak signifikan, tapi membawa berkat untuk sesama," sebutnya.

Selain itu juga, Panitia Natal DPD KNPI Sumut melakukan donor darah gratis dan juga Swab Test gratis yang dilaksanakan 21-22 Desember 2020 di lingkungan PKM GMKI Medan. Arealnya yang strategis, menjadi salah satu tempat yang bisa didatangi oleh masyarakat.

Kali ini Panitia Natal DPD KNPI Sumut bekerja sama dengan GMKI Medan, RSU Pirngadi dan Dinas Kesehatan Sumut dalam melakukan swab test gratis. Kegiatan ini dimulai pagi dan sore hari. Antusias masyarakat Medan untuk menjaga kesehatan diri sangat bagus.

"Ramai yang datang untuk melakukan Swab Test. Walaupun ramai, masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan," ucap Swangro.

Sama halnya dengan melakukan Swab Test, donor darah kali ini juga panitia bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan. Selain bisa melakukan donor darah gratis, masyarakat juga bisa melakukan check up kesehatan gratis.

Ketua DPD KNPI Sumut, Samsir Pohan, dan Yakin Nurul Sitorus, Sekretaris KNPI Sumut, hadir dalam kegiatan tersebut. Sebagai pemuda harus tetap berkolaborasi dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Natal kali ini lebih berbeda, karena kita lebih fokus kepada rakyat yang terpinggirkan dalam membutuhkan Swab Test gratis dan sembako," kata ketua KNPI Sumut, Samsir Pohan.

Ketua Cabang GMKI Medan, Meliana Gultom tampak dalam kegiatan tersebut untuk mengajak para peserta Swab Test.

"Ini adalah langkah baik yang dilakukan KNPI Sumut. Program-program yang begini dibutukan pemuda dan masyarakat," tandas Meliana.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi