Pelaku UMKM di Toba Siap Digital

Pelaku UMKM di Toba Siap Digital
Penandatanganan kerja sama IT Del dan DANA di Gedung Serbaguna IT Del, Laguboti, Selasa (16/2). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Toba - Sebagai upaya mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dipersiapkan melek digital sebagai bentuk pemulihan ekonomi Indonesia, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Titik awal program mendukung Gernas BBI di Sumatera Utara (Sumut), dompet digital DANA bekerja sama Institut Teknologi (IT) Del berupaya menjadikan UMKM Siap Digital di Kabupaten Toba. Pelaku UMKM diberikan literasi digital berupa pelatihan, karena merupakan destinasi prioritas wisata yang dipusatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Area Toba destinasi wisata yang dipusatkan Presiden Jokowi. Butuh satu ekosistem. Pariwisata perlu ada UMKM, dan akan bergerak bila ada pembayaran digital yang memang saat ini menjadi kebutuhan masyarakat," kata Chief People & Corporate Strategy Office DANA, Agustina Samara, usai melakukan penandatanganan kerja sama IT Del di Gedung Serbaguna IT Del, Laguboti, Selasa (16/2).

Disebutkan Agustina, alasan kerja sama dengan IT Del, pihaknya melihat kesiapan IT Del dalam mempersiapkan engineering yang siap kerja. Sebab, bibit di IT Del mereka lihat sangat luar biasa, siap kerja dan membangun Indonesia melalui keahliannya di bidang teknologi.

"Karena dalam kemajuan teknologi ini, kita butuh generasi yang siap," ujarnya.

Antusias pelaku UMKM di Toba cukup tinggi dalam pendidikan teknologi. DANA mencatat sebulan ini ada 3 juta transaksi per hari. Dari jumlah itu, dukungan terbesar dari UMKM. Sejauh ini, juga sudah mengedukasi sebanyak 200 ribu UMKM.

Rektor Institut Teknologi Del, Prof Togar M. Simatupang, mengucapkan terima kasih kepada DANA yang telah hadir di Toba. Program DANA senada dengan IT Del dalam membantu UMKM berkembang melalui teknologi.

"Kami sudah melakukan literasi atau dampingan kepada UMKM lokal, yakni produk andaliman. Bagaimana pengawetannya dan juga mereka butuh pengembangan di transaksinya. Kehadiran DANA dan fintech lainnya sangat dibutuhkan. Toba sebagai destinasi prioritas sangat pas," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi