Pemilih Aceh Tamiang Bertambah 273 Orang

Pemilih Aceh Tamiang Bertambah 273 Orang
Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang, Imran. (Analisadaily/Dede Harison)

Analisadaily.com, Kuala Simpang - Hasil pengawasan yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilihan Aceh Tamiang pada periode Februari 2021 menunjukkan, ada penambahan 273 pemilih dibandingkan Januari di 12 kecamatan.

Berdasarkan berita acara rapat koordinasi Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang Nomor: 8/BA/III/2021 tetang Rakor Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) tahun 2021 periode Februari 2021 menyebutkan, jumlah DPB periode bulan Februari berjumlah 196.638 pemilih terdiri atas 98.338 pemilih laki-laki dan 98.300 pemilih perempuan.

"Artinya pada periode bulan Februari ini terjadi penambahan 273 pemilih," kata Ketua Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran, Sabtu (6/3).

Lanjut Imran pada priode Januari 2021, KIP menetapkan jumlah pemilih sebanyak 196.365 pemilih, dengan rincian 98.141 pemilih laki-laki dan 98.224 pemilih perempuan.

Dalam hal ini Panwaslih Aceh Tamiang meminta Komisi Independen Pemilihan setempat memaksimalkan pendataan Data Pemilih Berkelanjutan. Panwaslih juga telah merekomendasikan kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini KIP untuk membangun komunikasi dengan para pendamping desa dan datok penghulu se Aceh Tamiang.

"Dengan berkoordinasi dengan pendamping desa, datok, serta BPM maka jumlah angka kematian, pemilih pemula dan jumlah warga yang masuk dan pindah keluar daerah akan semakin cepat dan akurat,” ujar Imran.

Rekomendasi kepada KIP, menurutnya, sudah disampaikan dalam rapat koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode bulan Februari 2021, di Aula Kantor KIP Aceh Tamiang pada Selasa (2/3).

Dengan adanya strategi baru ini, maka KIP dapat melakukan penyusunan DPB dengan memperoleh data penduduk dari unsur yang bersentuhan langsung.

"Kita menginginkan para pendamping desa agar menyampaikan terkait data pemilih dalam setiap pertemuan di desa, begitu juga datok sehingga nantinya data yang terkumpul semakin cepat dan urat," pintanya.

(DHS/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi