Puting Beliung Merusak Puluhan Rumah di Percut Sei Tuan

Puting Beliung Merusak Puluhan Rumah di Percut Sei Tuan
Kondisi rumah warga tampak rusak pasca terkena angin puting beliung (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Puluhan rumah yang berada di Dusun I Desa Amplas Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang diterjang angin puting beliung pada Rabu (7/4) malam.

Tidak hanya rumah warga, rumah ibadah yang berada di dusun tersebut juga hancur diterjang angin. Di mana, bagian atap rusak akibat kejadian alam tersebut.

Kepala Desa Amplas, Edi Purwanto mengatakan bahwa ada 45 rumah di desa ini yang terkena angin puting beliung.

"Ada 45 rumah yang berdampak. Saat ini kita masih melakukan gotong royong. Nantinya akan kita bantu perbaiki perlahan dengan bantuan swadaya masyarakat," katanya, Kamis (8/4).

Edi mengungkapkan bahwa sebelumnya di tahun 2020, lokasi tersebut juga sempat diterpa angin puting beliung.

"Pada tahun 2020 kemarin juga terjadi angin puting beliung. Kalau pada tahun itu lebih banyak lagi yang berdampak. Karena ada beberapa desa," kata dia.

Edi Purwanto menyebutkan, puting beliung kali ini di Kecamatan Percut Sei Tuan hanya berdampak terhadap puluhan rumah saja.

"Tahun 2021 ini yang pertama. 45 rumah dan cuma di Desa Amplas ini saja," ujar Edi Purwanto.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk membuat kontruksi bangunan lebih kokoh lagi kedepannya, mengingat lokasi itu rawan diterpa angin puting beliung.

"Kalau musibah tidak bisa dihindari. Palingan kita mengimbau masyarakat untuk lebih memperkokoh bangunannya. Karena kan ini alam," ucapnya.

Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, para warga hanya kerugian material saja

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi