Antisipasi Covid-19, Lapas Lubuk Pakam Perketat Prokes

Antisipasi Covid-19, Lapas Lubuk Pakam Perketat Prokes
Penyemprotan disinfektan di Lapas Lubuk Pakam (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubuk Pakam - Guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lubuk Pakam terus mengingatkan jajarannya agar selalu mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan (prokes), baik saat di kantor maupun di rumah.

"Saya berharap semua jajaran harus melaksanakan prokes di manapun berada," kata Kalapas Lubuk Pakam, Hudi Ismono, Jumat (21/5).

Selain itu dia juga memerintahkan jajarannya agar rutin melaksanakan penyemprotan desinfektan pada ruangan kantor dan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP), termasuk memberikan vitamin kepada seluruh WBP serta selalu melaksanakan senam kebugaran.

Semenjak terjadinya pandemi Covid-19, Lapas Lubuk Pakam sudah mempunyai bilik sterilisasi yang digunakan untuk setiap petugas dan orang yang masuk Lapas. Selain itu juga terdapat alat pengukur suhu badan.

"Kita sekarang ini mempunyai dua inovasi layanan publik, yang pertama Silaras Tiba yaitu Sistem Layanan Transparansi Titipan Barang, dimana si penitip barang dapat melihat langsung barang yang dititipkan sampai diambil keluarganya yang di dalam. Karena kita menyediakan CCTV dengan monitor TV di ruang tunggu," terang Hudi.

Kemudian inovasi Si Juan Viral yakni Sistem Kunjungan Virtual, dimana si keluarga WBP yang tidak mempunyai ponsel pintar untuk mendaftar kunjungan online dapat mendaftar di ruang pendaftaran guna melakukan kunjungan secara virtual.

"Seluruh layanan ini tidak dipungut biaya," tegasnya.

Sementara Dokter Lapas Lubuk Pakam, dr. Tri Siboro, mengatakan bahwa Lapas Lubuk Pakam secara rutin selalu membagikan vitamin kepada seluruh WBP.

"Kita selalu membagikan vitamin C satu butir setiap hari," ujarnya.

(KAH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi