Gempa di Sibolga Terasa Hingga ke Samosir

Gempa di Sibolga Terasa Hingga ke Samosir
Peta lokasi gempa bumi di Sibolga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Wilayah Sibolga diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=4.9 SR, Rabu (24/8).

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto mengatakan, gempa bumi itu terjadi pukul 03.59 WIB di Wilayah Sibolga. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan M=4.9 SR.

Episenter terletak pada koordinat 1,85 LU dan 95,45 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km BaratLaut Kota Sibolga pada kedalaman 67 Km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia," katanya.

Hartanto menjelaskan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Samosir, Sumut II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut dan hingga pukul 05.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock)," jelasnya.

Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," imbau Hartanto.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi