WHO: Hilangkan Politik, Biarkan Ilmuwan Melanjutkan Pekerjaan

WHO: Hilangkan Politik, Biarkan Ilmuwan Melanjutkan Pekerjaan
Kepala ilmuwan WHO, Dr Soumya Swaminathan dengan Lin Xueling dari CNA pada "In Conversation" 23 Agustus 2021. (Channel News Asia)

Analisadaily.com, Wuhan - Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr Soumya Swaminathan, menyerukan upaya ilmiah global berbasis bukti untuk memahami asal usul virus Covid-19 dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah pandemi di masa depan.

Swaminathan membuat panggilan di tengah permainan menyalahkan politik yang sedang berlangsung dalam persaingan kekuatan global yang berpusat di sekitar China, negara tempat virus pertama kali terdeteksi di kota Wuhan.

“Saya pikir politik sama sekali tidak memiliki tempat dalam hal ini karena ilmu di balik ini akan menjadi penting bagi kita semua, terlepas dari negara mana kita tinggal,” kata Dr Swaminathan dalam wawancara eksklusif dengan CNA, Senin (23/8).

Komentarnya muncul setelah pakar WHO Peter Ben Embarek, yang memimpin misi internasional ke China pada Februari lalu mengatakan, para peneliti China menekan timnya untuk tidak mengaitkan asal mula pandemi dengan laboratorium penelitian di Wuhan.

Swaminathan mengakui, teori kebocoran laboratorium yang tidak disengaja harus diselidiki dengan cermat.

“Kita tahu bahwa kecelakaan terjadi di laboratorium. Mereka pernah terjadi di masa lalu. Itu bisa terjadi lagi," tuturnya dilansir dari Channel News Asia, Rabu (25/8).

Tetapi dia dengan cepat mengklarifikasi, WHO mengacu pada kebocoran laboratorium yang tidak disengaja selama proses normal mempelajari penyakit menular.

"Saya tidak berpikir ada bukti sama sekali dari teori konspirasi ini bahwa itu adalah virus yang dibuat khusus yang kemudian dilepaskan pada orang-orang," ujarnya.

Swaminathan, yang sebelumnya adalah wakil direktur jenderal WHO untuk program, mengambil peran sebagai kepala ilmuwan WHO pada 2019. Itu adalah peran yang diciptakan khusus baginya untuk memperkuat pekerjaan ilmiah inti organisasi.

Awal bulan ini, WHO telah mendesak China untuk membagikan data mentah dari kasus Covid-19 pertama, tetapi Beijing segera menolak, menegaskan seruan untuk lebih banyak data dimotivasi oleh politik daripada sains.

Ketika ditanya apakah pihak berwenang dan peneliti China harus mengungkapkan lebih banyak informasi, Dr Swaminathan mengatakan, perlu menghilangkan politik sepenuhnya dari ini dan membiarkan para ilmuwan melanjutkan pekerjaan mereka.

“Kami membutuhkan datanya. Kami membutuhkan lebih banyak penelitian yang harus dilakukan," katanya.

Dia mengatakan, ilmuwan China telah melakukan cukup banyak pekerjaan latar belakang tetapi perlu ada penelitian ekstensif untuk mengetahui apakah ada bukti virus Corona baru yang beredar baik pada manusia atau di hewan bahkan sebelum kasus pertama yang dilaporkan.

Ia juga menjelaskan mengapa penting untuk mengetahui apakah virus Corona baru ditularkan dari hewan liar ke manusia secara langsung atau melalui hewan perantara sebelum menginfeksi manusia.

Misalnya, jika virus tersebut merupakan infeksi langsung dari kelelawar, maka orang yang berinteraksi dengan hewan tersebut selama bekerja harus melakukan tindakan pencegahan khusus.

Tetapi jika virus ditularkan melalui hewan perantara yang melakukan kontak dekat dengan manusia, individu harus mengubah cara mereka menangani hewan-hewan ini, termasuk teknik bertani dan mengambil langkah-langkah keamanan seperti pemeriksaan rutin untuk flu burung atau flu babi.

Pada 20 Agustus, WHO mengeluarkan panggilan terbuka bagi pelamar untuk bergabung dengan Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Asal-usul Patogen Novel, mengumumkan, mereka sedang mencari pemikir ilmiah terbesar untuk memberi nasihat tentang penyelidikan patogen ancaman tinggi baru yang melompat dari hewan ke manusia untuk membantu mencegah pandemi berikutnya.

Swaminathan mengatakan, WHO mendorong diskusi ilmiah terbuka tentang pandemi tetapi menemukan siapa yang bertanggung jawab mungkin bukan pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan.

“Jika ini adalah fenomena alam, itu bisa terjadi di mana saja. Jika itu terjadi di berbagai belahan dunia di masa lalu, itu bisa terjadi besok dan di mana saja. Pandemi berikutnya bisa menimpa kita bahkan sebelum kita keluar dari yang satu ini," ucapnya.

Mengingat ancaman nyata dari patogen baru yang muncul, Swaminathan, menekankan pentingnya pusat penyakit menular, terlepas dari risiko kebocoran laboratorium yang tidak disengaja. Dia menjelaskan bahwa situasinya bisa jauh lebih buruk tanpa laboratorium ini.

“Kamu akan buta. Anda akan terbang buta, Anda tidak akan tahu apa virusnya, dari mana asalnya, apa urutan genetiknya. Kami tidak akan bisa membuat vaksin dan obat-obatan. Jadi tidak, saya pikir jawabannya bukan mematikannya tetapi menjalankannya dengan aman dan bertanggung jawab," tambahnya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi