Sektor Pertanian Harus Didukung Infrastruktur yang Memadai

Sektor Pertanian Harus Didukung Infrastruktur yang Memadai
Dr Abdillah Nasution bersama para petani saat berada di lahan pertanian di Desa Maga Lombang, Kabupaten Mandiling Natal. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Madina - Desa Maga Lombang, Kabupaten Mandiling Natal, Sumatera Utara merupakan salah satu daerah yang memiliki hasil pertanian yang cukup melimpah.

Namun, hasil pertanian tersebut harus terkendala lantaran belum dibarengi dengan pembangunan infrastruktur yang saat ini belum memadai.

Akibatnya, hasil pertanian yang melimpah di desa itu terlambat didistribusikan ke pusat pasar. Bahkan, para petani banyak mengalami kerugian karena hasil panen alami kerusakan.

Seorang akademisi, Dr. Abdillah Arif Nasution mengatakan, penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat yang bersektor pada pertanian harus didukung infrastruktur.

"Tentu saja dengan perbaikan infrasturktur sebagai fokus utama serta perbaian sistem pemasaran, diharapkan ini dapat membawa dampak bagi pertumbuhunan ekonomi lokal di desa Maga Lombang," kata dia, Selasa (31/8).

Abdillah pun mengusulkan solusi berupa perbaikan infrastruktur dan sistem pemasaran di Desa Maga Lombang , Kecamatan Lembah Dolok Merapi, Kabupaten Madina, Sumut.

"Beberapa kiat yang dapat dilakukan yaitu memperbaiki infrastruktur yang ada di Desa Maga Lombang selama 3 tahun berturut-turut. Kami juga menawarkan solusi untuk memperbaiki sistem pemasaran hasil produk pertanian, yang dapat dilakukan melalui media secara on-line," usulnya.

Dia menerangkan pembangunan infrastruktur transportasi perdesaan tersebut terfokus mendukung peningkatan aksessibilitas masyarakat desa, produksi pertanian, pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

"Intinya pengambangunan infrastruktur ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Maga Lombang," terangnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi