PMI Harus Terdepan Setiap Penanganan Bencana

PMI Harus Terdepan Setiap Penanganan Bencana
Arsip Foto. Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla didampingi Sekjen PMI Sudirman Said saat melepas armada pengiriman bantuan di Gudang Darurat Penanganan Covid-19 PMI, Jakarta, Kamis (10/6/2021). (ANTARA/HO-Staff JK/Ade Danhur/am)

Analisadaily.com, Jakarya - Palang Merah Indonesia (PMI) harus berada di garis terdepan dalam setiap upaya penanganan bencana, baik bencana alam maupun bencana non-alam.

"Kedepan tentu masyarakat masih akan membutuhkan bantuan, maka PMI harus berada di garis terdepan, selanjutnya memberikan bantuan kepada yang membutuhkan," kata Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla dalam Musyawarah Kerja Nasional PMI dilansir dari Antara, Sabtu (18/9).

Kata dia, tugas PMI belum dinyatakan berhasil apabila masalah-masalah kemanusiaan belum tertangani dengan baik. Parameter kesuksesannya adalah senyum kebahagiaan masyarakat kepada seluruh relawan.

"Jadi kebahagiaan kita, bencana tertangani dengan baik," kata Jusuf.

Ia meminta seluruh anggota dan relawan PMI menjunjung tinggi prinsip dasar PMI, yang meliputi kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, dan kesemestaan.

Selain itu, dia mengemukakan bahwa layanan PMI bukan hanya berkaitan dengan donor darah, melainkan mencakup penanganan berbagai dampak bencana, termasuk penanggulangan wabah.

"Apa yang kita lakukan untuk memenuhi prinsip-prinsip pokok PMI yang dimulai dengan kemanusiaan. Tugas PMI selalu menjadi bagian daripada bangsa dan negara di mana pun berada apabila ada masalah-masalah kemanusiaan," kata dia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi