Asian Agri Bantu Peralatan UMKM Desa

Asian Agri Bantu Peralatan UMKM Desa
Penyerahan bantuan dari Asian Agri untuk UMKM di Desa Gonting Malaha, Kecamatan Bandar Pulau, Asahan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Bandar Pulau - Asian Agri melalui dua anak perusahaannya, PT Gunung Melayu (GM) dan PT Saudara Sejati Luhur (SSL), menyerahkan bantuan peralatan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Desa Gonting Malaha, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan.

Dalam siaran pers yang diterima Analisadaily.com, Jumat (1/10), disebutkan perwakilan PT GM dan PT SSL dalam penyerahan antara lain Group Manager, Victory Brahmana; Manager Kebun Sentral, Sabam Nadapdap; dan Koordinator CSR Asian Agri Sumatera Utara, Aris Yuneidi.

Victory menyampaikan, Asian Agri sangat mendukung kegiatan-kegiatan bernilai positif yang ada di masyarakat sekitar.

Melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) perusahaan, pihaknya siap membantu memberikan dukungan untuk kegiatan-kegiatan tersebut, terutama dalam pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

"Kami serahkan bantuan peralatan untuk mendukung UMKM PKK Desa Gonting Malaha berupa 1 unit oven, 1 Unit mixer, 1 unit mixer tepung dan beberapa cetakan kue. Semoga dapat memberikan manfaat dan nilai tambah terhadap UMKM ini," ungkapnya.

Kepala Desa Gonting Malaha, Supian, menyatakan UMKM tersebut baru berdiri pada awal 2021 hasil kerja sama pemerintah Desa Gonting Malaha dengan penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat sehingga masih membutuhkan berbagai peralatan untuk mendukung kelancarannya.

Menurutnya, bantuan ini seperti gayung bersambut, antara program UMKM Gonting Malaha dengan Asian Agri diwakili PT GM dan PT SSL.

"UMKM ini masih membutuhkan dukungan baik dalam bentuk perlengkapan maupun gagasan agar dapat terus berkembang dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Asian Agri telah memberikan bantuan peralatan yang benar-benar dibutuhkan untuk pengembangan industri UMKM ini," sebutnya.

Sementara Ketua Penggerak PKK Gonting Malaha, Nilawati, menjelaskan melalui UMKM Gonting Malaha, pihaknya mengumpulkan berbagai potensi industri makanan dan kerajinan yang ada di masyarakat terutama 'omak-omak' yang biasanya sebagai ibu rumah tangga menjadi lebih produktif sehingga dapat memberikan kontribusi dalam menambah pendapatan keluarga.

"Sampai saat ini, kami telah mengembangkan berbagai makanan seperti bolu, roti ketawa, kacang tojin, keripik tempe, kerupuk tempe, wedang jahe, dan makanan tradisional lupis dan cenil," ujarnya.

Camat Bandar Pulau, Alinuddin Marpaung, yang menghadiri serah terima bantuan itu menyampaikan terima kasih kepada perusahaan atas kepedulian dan dukungan terhadap masyarakat dan umumnya kecamatan yang dipimpinnya untuk terus berkembang.

Disampaikan, dalam lomba inovasi desa tingkat Kabupaten Asahan 2022, kecamatan ini memenangkan tiga kategori, yaitu klaster ekonomi (UMKM PKK Gonting Malaha), klaster pariwisata (pariwisata Sungai Simalo Aek Nagali) dan klaster lingkungan (Bank Sampah Bandar Pulau Pekan).

(GAS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi