Apresiasi Kinerja Satpol PP Sergai, Darma Wijaya: Utamakan Negosiasi

Apresiasi Kinerja Satpol PP Sergai, Darma Wijaya: Utamakan Negosiasi
Bupati apresiasi kinerja Satpol PP Sergai (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) khususnya menata para pedagang, petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serdang Bedagai diminta untuk mengutamakan cara yang santuan dan negosiasi.

Hal itu diungkapkan Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, di Kantor Satpol PP, Jalan Negara, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah. Apresiasi diberikan kepada petugas Satpol PP yang terluka saat menata pedagang pekan lalu.

Dalam arahannya, Bupati Darma Wijaya mengapresiasi kinerja petugas Satpol PP dalam menegakkan Perda dan menata para pedagang khususnya di pekan Lelo Firdaus.

"Saya ucapkan terimakasih kepada kalian semua atas kinerja yang sudah kalian berikan. Saya harap itu dipertahankan dan ditingkatkan. Terkhusus untuk penangan pedagang, saya minta diutamakan cara negosiasi, imbauan dan sosialisasi," ungkap Bupati, Senin (25/10).

Namun, jika cara negosiasi dan himbauan sudah dilakukan dan tidak juga digubris pedagang, Darma Wijaya mengaku tak segan mengambil langkah tegas.

"Kita upayakan terus jangan sampai ada gesekan dilapangan, negosisasi dan himbauan terus kita lakukan. Namun jika tidak juga digubris, saya dan Kasatpol PP akan mengambil langkah hukum," terangnya.

Mantan Wakil Bupati ini mengaku pihaknya terus berupaya mewujudkan Sergai Maju Terus, Mandiri, Sejahtera dan Religius. Salah satu caranya dengan menata wajah baru Kabupaten Serdang Bedagai sesuai dengan RTRW yang sudah disepakati serta memberikan layanan maksimal terkhusus kepada pedagang.

"Kita ingin pedagang itu berjualan ditempat yang memadai, yang bagus, yang fasilitasnya nyaman dan lengkap. Kita siapkan tempat di pasar Sei Rampah dengan fasilitas yang cukup memadai, disitu pedagang bisa berjualan dengan aman, pembeli juga nyaman. Jika sudah begitukan pedagang juga yang untung dan visi misi kami menjadi masyarakat Sejahterapun dapat terwujud," jelasnya.

Tak bosan iapun kembali menghimbau kepada para pedagang khususnya pekan lelo Firdaus untuk mau direlokasi ke pasar sei rampah.

"Pemerintah tidak ingin masyarakatnya susah, kita ingin rakyat sejahtera. Khususnya pedagang, makanya saya himbau agar pedagang pekan lelo Firdaus pindahlah ditempat yang sudah disediakan," tandasnya.

Diketahui sejumlah petugas Satpol PP mengalami luka akibat menata pedagang pasar lelo Firdaus, Minggu (17/10).

Petugas yang terluka antara lain, Jon Henri Saragih, Riki Pratama, Ibrahim, Arif Lubis, Dwika Rahmadani dan Herni Tindaon. Mereka mengalami terkilir baik dibagian tangan, kaki hingga pinggang akibat ditabrak kendaraan pedagang.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi