Anak dan Induk Trenggiling Dilepas ke Taman Wisata Alam

Anak dan Induk Trenggiling Dilepas ke Taman Wisata Alam
Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara melepas liarkan dua ekor Trenggiling (Manis javanica) di kawasan Taman Wisata Alam, Sibolangit, Deli Serdang, Minggu (1/11). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibolangit - Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara melepas liarkan Trenggiling (Manis javanica) di kawasan Taman Wisata Alam, Sibolangit, Deli Serdang.

"Pelepas liaran Trenggiling di TWA Sibolangit itu terdiri dari induk dan anak," kata Humas BBKSDA Sumut, Handoko Hidayat, Rabu (3/11).

Kata Handoko, sebelumnya, kedua satwa liar dilindungi tersebut diserahkan warga kepada Lembaga konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Medan Zoo (Taman Margasatwa Medan) pada Sabtu (30/10).

Kemudian pengelola Medan Zoo menginformasikannya ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

"Pada Minggu (31/10) petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara menuju Medan Zoo untuk mengevakuasi trenggiling dimaksud. Serah terima pun dilakukan dan satwa diterima langsung Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Amenson Girsang. Tidak menunggu waktu lama, kedua trenggiling kemudian dibawa petugas ke TWA Sibolangit untuk dilepasliarkan," kata Handoko.

Ia menuturkan, pelepasliaran ini tentunya menjadi momen spesial dalam rangka road to Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2021, yang biasanya setiap tahun diperingati pada 5 November.

"Melalui momen ini masyarakat diajak untuk ikut peduli melindungi dan menjaga kelestarian satwa liar. Partisipasi aktif masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu di antaranya adalah dengan menginformasikan atau menyerahkan satwa liar kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk dilepasliarkan ke habitatnya," terangnya.

Ia menambahkan, elalui peranserta warga ini diharapkan keberlangsungan hidup dan populasi dari satwa liar dapat terus terjaga atau lestari.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi