BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara Sosialisasikan PLKK

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara Sosialisasikan PLKK
Sosialisasi PLKK (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Optimalisasi pelayanan untuk kasus program jaminan kecelakaan kerja dan kematian melalui Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), BPJamsostek Cabang Medan Utara melakukan sosialisasi dengan Rumah Sakit dan Klinik yang menjadi mitra kerja.

Sosialisasi dengan topik Sinergi Dalam Kemitraan Adaptif & Solutif Dalam Optimalisasi Pelayanan tahun 2021 bertujuan meningkatkan pengetahuan petugas PLKK, sehingga terwujudnya penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang lebih optimal kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja.

Acara Sosialisasi tersebut dihadiri oleh T M Haris Sabri Sinar selaku Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Medan Utara, Kepala Bidang Pelayanan serta 32 PLKK, Rumah sakit & Klinik Mitra Kerja, Senin (29/11).

Saat ini PLKK yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara untuk periode tahun 2021 sampai dengan tahun 2022 sebanyak 32 PLKK yang terdiri dari 16 Rumah Sakit dan 16 Klinik. Dan BPJS Ketenagakerjaan selalu berupaya agar penyebaran PLKK ini merata sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh peserta.

Dalam kesempatan itu, T M Haris Sabri Sinar menyatakan, “Dari data yang dihimpun 90% permasalahan pada PLKK yang didapatkan ialah karena kurangnya kelengkapan dokumen peserta padahal peserta telah menerima pengobatan dan perawatan secara lengkap sampai sembuh.”

“Oleh karena itu kami terus berupaya dalam hal ini kolaborasi antara bidang pelayanan dan kepesertaan memberikan informasi melalui sosialisasi terkait prosedur JKK kepada pihak perusahaan. Agar proses kelengkapan administrasi untuk penagihan PLKK dapat diselesaikan,” sambungnya.

Seiring dengan berjalannya waktu BPJS Ketenagakerjaan selalu berusaha untuk melakukan perubahan-perubahan dalam rangka peningkatan pelayanan baik itu dalam hal administrasi seperti penyederhanaan formulir sampai aplikasi E-PLKK yang masih terus di proses agar lebih baik kedepannya sehingga pelaporan dan pemberkasan digital dapat direalisasikan.

Kepada seluruh mitra kerja sosialisasi PLKK, Rumah Sakit dan Klinik yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, T M Haris Sabri sinar berpesan agar kedepannya koordinasi antara stakeholder lebih optimal dan pelayanan yang akan diberikan oleh PLKK kepada peserta lebih baik lagi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi