Tingkatan Kualitas Pendidikan, Tanoto Foundation-SDGs HUB UI Lahirkan 15 SDGs Champions

Tingkatan Kualitas Pendidikan, Tanoto Foundation-SDGs HUB UI Lahirkan 15 SDGs Champions
Upaya meningkatan kualitas pendidikan, Tanoto Foundation-SDGs HUB UI melahirkan 15 SDGs Champions (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Tanoto Foundation berkolaborasi dengan Sustainable Development Goals (SDGs) HUB dan LPEM FEB Universitas Indonesia menyelesaikan rangkaian Program Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebijakan Pendidikan Berkualitas yang berbasis SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Program yang berjalan sejak Juli hingga November 2021 ini melahirkan 15 kabupaten/kota sebagai SDGs Champions dalam menyusun peta jalan pendidikan berkualitas yang berkelanjutan di daerahnya masing-masing.

“Program ini diharapkan membantu pemangku kepentingan di daerah dalam menyusun perencanaan dan penyelenggaraan pendidikan berkualitas yang relevan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Direktur Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, M. Ari Widowati, ketika membuka graduation event SDGs Champion, Rabu (1/12).

Menurut Ari, para peserta difasilitasi untuk memperdalam pengetahuan perencanaan pembangunan berkelanjutan pada konteks pendidikan melalui rangkaian lokakarya dan mini-project.

“Mereka juga didampingi menulis dokumen rencana aksi peningkatan kualitas pendidikan untuk diterapkan di daerahnya masing-masing,” sebutnya.

Permasalahan Pendidikan Masih Seragam

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Perwakilan Kepala Daerah wilayah Mitra, dalam sambutannya menyampaikan, kemitraan bersama Tanoto Foundation dapat membantu pemerintah daerah dalam menentukan acuan kebijakan pendidikan di daerah.

“Ada banyak hasil penting yang dicapai program pintar dan menunjukkan dampak positif serta keberhasilan pelaksanaan program Tanoto Foundation di daerah. Dengan adanya workshop yang telah diikuti para peserta, kami berharap bisa di implementasikan di wilayah kerja masing-masing,” jelas Cory.

Cory juga menyampaikan, hasil dari kegiatan ini dapat menjadi instrumen bagi para Aparatur Sipil Negara (ANS) dan institusi birokrasi di pemerintahan daerah untuk meningkatkan kinerja dan kualitas perencanaan pembangunan berkelanjutan di masa depan.

Selama kegiatan lokakarya, peserta telah mengidentifikasi berbagai permasalahan pendidikan di daerahnya masing-masing, yang dilanjutkan dengan penyusunan rencana aksi untuk mengatasinya.

Seperti di Kabupaten Karo, menurut Hisyam Siregar, perwakilan Bappedda Kabupaten Karo, permasalahan yang dihadapi adalah guru yang berstatus sarjana masih belum memadai.

“Guru-guru seniornya sudah terlalu nyaman dengan status yang ada sehingga enggan meneruskan ke tingkat sarjana. Persentase kepala sekolah yang bersertifikat masih rendah,” tambah Hasyim.

15 SDGs Champions untuk Pendidikan Berkualitas

Kegiatan ini diikuti perwakilan 25 kabupaten dan kota mitra Tanoto Foundation, dan terpilih 15 daerah sebagai SDGs Champions dalam menyusun peta jalan peningkatan kualitas pendidikan.

Kabupaten/kota tersebut yaitu Cilacap, Kendal, Banyumas, Semarang, dan Tegal (Jawa Tengah), Karo dan Pematang Siantar (Sumatera Utara), Sarolangun, Tebo, dan Tanjung Jabung Timur (Jambi), Bengkalis, Dumai dan Siak (Riau), serta Kutai Kartanegara dan Balikpapan (Kalimantan Timur).

Nyoto Suwignyo, dari Direktorat Jendral Pembangunan Daerah Kemendagri menyampaikan kolaborasi adalah wajib untuk mencapai SDGs.

“Dinas Pendidikan tidak dapat bekerja sendiri, Kepala Daerah pun harus dibantu oleh swasta, masyarakat dan mitra pembangunan,” tambah Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah ini.

Khoironurrofik, Wakil Kepala LPEM UI Bidang Pendidikan dan Pelatihan, berharap program peningkatan kapasitas berbasis SDGs menjadi suatu bentuk investasi di bidang pendidikan. Dengan membangun sumber daya manusia maka pembangunan lainnya akan mengikuti.

“Investasi yang tidak akan pernah rugi adalah investasi di bidang pendidikan sumber daya manusia,” kata Khoironurrofik.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi