Bank Indonesia Gelar Media Briefing dan Pelatihan Wartawan Ekonomi

Bank Indonesia Gelar Media Briefing dan Pelatihan Wartawan Ekonomi
Media Briefing dan Pelatihan Wartawan Ekonomi yang digelar Bank Indonesia di Parapat, Kabupaten Simalungun (Analisadaily/Franscius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Parapat - Bank Indonesia menggelar media briefing dan pelatihan wartawan ekonomi yang diikuti 20 wartawan dari berbagai media di Hotel Niagara, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Rabu (5/12).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Siantar, Teuku Munandar, mengatakan peran media sangat penting dan strategis di tengah masyarakat dalam membangun ekonomi.

"Peran media juga untuk menciptakan dan mempengaruhi budaya masyarakat serta aktivitas sehari-hari, maupun merubah suatu bangsa dalam membentuk opini dan sebagai kontrol sosial," kata Teuku Munandar.

Kemudian, sambungnya, media juga berperan sebagai alat komunikaai dan edukasi untuk mencerdaskan bangsa, termasuk membangun perekonomian rakyat.

"Hal ini yang tertuang dalam pasal 3 ayat (1) UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers yang isinya berbunyi sebagai informasi, pendidikan kontrol sosial di lembaga ekonomi," ungkap Teuku didampingi Haris Prabowo selaku Kepala Unit Data Statistika dan Kehumasan serta Abdul Haris selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Siantar.

Menurutnya pelatihan ini digelar agar para wartawan mendapat manfaat sekaligus ilmu pengetahuan, khususnya mengenai perbankan dan ekonomi Bank Indonesia.

Media briefing dan pelatihan wartawan ekonomi ini diisi sejumlah narasumber seperti Bobby Cristian Manik selaku Staf Pengelolaan Uang Rupiah, Prita Erlisa selaku Staf Unit Implementasi Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengolaan Uang Rupiah serta Haris Prabowo dan Pepih Nugraha dari Kompas.

(FHS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi