8 Tahun Bakti untuk Negeri, Bentuk Pengabdian Turuntangan Medan

8 Tahun Bakti untuk Negeri, Bentuk Pengabdian Turuntangan Medan
Komunitas Turuntangan Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Komunitas Turuntangan Medan berbagi dengan masyarakat Dusun 1, Desa Bintang Asih, Rumah Sumbul, Kabupaten Deliserdang. Kegiatan pengabdian yang dilakukan sebagai bentuk perayaan Hari Jadi Turun Tangan Medan yang ke-8.

Dalam keterangan yang diperoleh, Senin (7/2), salah satu program yang diadakan ialah makan bersama dengan Konsep Sisih Gaji (SiJi). Untuk kesempatan kali ini SiJi dilaksanakan pada tanggal 5-6 Februari 2022 dengan masyarakat Dusun 1 pada waktu siang dan malam hari.

Makanan-makanan yang disajikan pun tidak kalah menggugah selera masyarakat sekitar dengan pengajian berupa Soto Ayam, Rendang, Ayam Goreng, Nasi Goreng dan juga Nasi Tumpeng sebagai bentuk seremoni ulang tahun Turuntangan Medan.

Tak lupa dalam bentuk pengabdian kali ini diadakan Cek Kesehatan Gratis kepada masyarakat Dusun 1, Desa Bintang Asih, Rumah Sumbul. Sebagai bentuk kepedulian para relawan Turuntangan Medan dan juga dengan bantuan dari beberapa orang bidan desa.

Adapun Cek Kesehatan Gratis yang diberikan berupa cek tensi, gula darah, diabetes dan kolesterol. Turuntangan Medan juga mendirikan sebuah perpustakaan mini dengan konsep Rumah Baca.

Rumah Baca ialah sebuah konsep yang diadakan oleh Turuntangan Medan dengan menerima donasi berupa buku dari Perpustakaan Daerah Sumatera Utara dan juga beberapa donatur guna membantu mencerdaskan anak-anak yang berada di Dusun 1.

Dalam bentuk kepedulian kali ini, ada juga beberapa relawan yang dengan senang hati memberikan sedikit ilmu nya dengan program Maghrib Mengaji. Harapan mereka ialah semoga anak-anak yang berada di Dusun 1 dapat fasih dalam melafazkan ayat ayat suci Alquran.

Kepala Desa Sumbul, Makmur, juga mengapresiasi kegiatan tersebut dengan ikut senang bentuk kepedulian para relawan yang bergabung dalam Turuntangan Medan.

"Saya mengucapkan terima kasih atas peran Turuntangan Medan dalam menjadikan Desa Bintang Asih sebagai tujuan dalam pengabdian dan semoga kelak dapat kembali untuk terus bersilaturahmi dengan masyarakat yang sangat antusias dalam menyambut kedatangan Turuntangan Medan di Desa Bintang Asih Rumah Sumbul." ujar Makmur.

Di akhir kegiatan, Turuntangan Medan menunjuk seorang perempuan yang sangat aktif dan layak yang ada pada diri Cut Maysarah sebagai koordinator terbaru untuk periode 2022-2023.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi