Takut Jadi Tersangka, 38 Mahasiswa Aceh Kembalikan Dana Beasiswa

Takut Jadi Tersangka, 38 Mahasiswa Aceh Kembalikan Dana Beasiswa
Posko pengembalian dana beasiswa Pemerintah Aceh tahun 2017 dari mahasiswa yang tidak memenuhi syarat menerimanya (Analisadaily/Muhammad Saman)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Penanganan kasus dugaan korupsi beasiswa Pemerintah Aceh tahun 2017 oleh penyidik Kepolisian Daerah Aceh, saat ini masih terus berproses dan tinggal menunggu peningkatan status dari para pelaku utama.

Polda Aceh juga telah mengeluarkan imbauan kepada mahasiswa penerima beasiswa yang tidak memenuhi syarat agar mengembalikan uang kerugian negara yang mencapai Rp 10 miliar kalau tidak mau dijadikan tersangka dalam kasus korupsi beasiswa.

Untuk menindaklanjuti imbauan tersebut, Polda Aceh membuka posko pengembalian dana bantuan pendidikan masyarakat Aceh tahun 2017, di Kantor Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Aceh, baik untuk D-3, D-4, S-1, S-2, dokter spesialis dan S-3 dalam negeri. Begitu juga dengan penerima beasiswa luar negeri untuk S-1, S-2 dan S-3.

"Baru-baru ini Polda Aceh telah memberikan imbauan kepada 400-an mahasiswa yang ikut menerima beasiswa tidak memenuhi syarat agar segera mengembalikan uang tersebut ke kas negara," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardy, Sabtu (19/2).

Winardy menjelaskan, saat ini sudah ada 38 orang mahasiswa telah mengembalikan beasiswa tidak memenuhi syarat yang sudah terlanjur diterima, dengan total pengembalian uang sebesar Rp 254.445.000.

Selain itu, pengembalian kerugian negara tersebut juga berasal dari koordinator lapangan (korlap) beasiswa sebesar Rp 192.200.000. Sehingga total pengembalian kerugian negara dari kasus tersebut adalah Rp 446.645.000.

Dalam hal ini, Winardy memberikan apresiasi kepada para mahasiswa dan korlap yang telah kooperatif dan menjunjung tinggi imbauan dari polisi.

“Kami memberikan apresiasi kepada mereka. Bagi yang belum mengembalikan, diimbau untuk segera mendatangi ke posko Ditreskrimsus Polda Aceh,” kata Winardy.

(MHD/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi