Pemkab Tapanuli Utara Usulkan 3 Nama Kandidat Kepala Bapenda ke KASN

Pemkab Tapanuli Utara Usulkan 3 Nama Kandidat Kepala Bapenda ke KASN
Kabid Jabatan dan Kepangkatan BKD Taput, JH Harianja (Analisadaily/Candra Sirait)

Analisadaily.com, Tarutung - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara mengusulkan 3 nama kandidat Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tapanuli Utara ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tapanuli Utara, Erikson Siagian, melalui Kabid Jabatan dan Kepangkatan, JH Harianja, menjelaskan 3 nama yang diusulkan ke KASN merupakan hasil penjaringan panitia seleksi (pansel) calon pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Taput.

"Tiga nama yang diusulkan ke KASN ini merupakan hasil penjaringan Pansel," kata JH Harianja di Kantor BKD Tapanuli Utara, Rabu (2/3).

Harianja menyebut sebelumnya ada 6 orang yang mendaftar ke pansel untuk mengikuti seleksi calon Kepala Bapenda Taput. Namun dari 6 orang yang mengikuti ujian seleksi itu mengerucut menjadi 4 orang.

"Selanjutnya dari 4 orang yang mengikuti ujian seleksi terakhir, mengerucut menjadi 3 nama yang diusulkan ke KASN untuk mendapat rekomendasi sebagai calon Kepala Bapenda," jelasnya.

Namun ketika ditanya nama-nama kandidat Kepala Bapenda yang diusulkan ke KASN, JH Harianja enggan membeberkannya.

Menurutnya nama kandidat yang diusulkan ke KASN itu merupakan wewenang dari pansel.

"Jadi belum bisa kita umumkan siapa-siapa nama 3 orang diusulkan ke KASN ini karena itu merupakan wewenang Pansel," ucapnya.

Informasi dihimpun Analisadaily, sebelumnya dari 6 orang yang mendaftar, ada 4 nama yang lulus tes ujian seleksi terakhir penjaringan calon pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Taput.

Mereka antara lain Dortiana Simanjuntak yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) Taput.

Kemudian Erwin Hutauruk yang kini menjabat sebagai Kabid Pengendalian dan Pelaksana Informasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Taput.

Fajar Maningsing Gultom eks Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah (Setdakab) Taput yang kini telah dilantik menjadi Sekretaris Dinas Pertanian Taput.

Terakhir Josua P. Situmeang yang kini menjabat sebagai Kabag Umum Setdakab Taput.

Dari 4 nama yang mengikuti dan lulus ujian seleksi terakhir ini belakangan hanya 3 nama yang diusulkan pansel ke KASN untuk mendapat rekomendasi dan persetujuan untuk dipilih sebagai calon kandidat kepala Bapenda Taput.

Josua Calon Terkuat

Terlepas apakah namanya diusulkan atau tidak ke KASN, berdasarkan isu yang beredar dan berkembang di lingkungan Pemkab Taput, dari 4 nama tersebut, Josua P. Situmeang paling menonjol sebagai kandidat terkuat calon Kepala Bapenda Taput.

Spekulasi ini muncul seiring dengan jejak rekamnya selama ini yang dianggap sudah memiliki pengalaman mempuni karena sudah beberapa kali menjabat eselon III pada bidang tertentu.

Terlebih dia juga pernah mendapat penghargaan sebagai camat terbaik se-Taput pada tahun 2018 sehingga posisinya diyakini sudah mampu memimpin OPD setingkat Bapenda.

Diketahui, Bapenda merupakan organisasi perangkat daerah (OPD) yang baru dibentuk oleh Pemkab Taput hasil peleburan atau pecahan dari BPKAD Taput.

Bapenda Taput nantinya akan dipimpin oleh seorang Kepala Badan (Kaban) dan ditengarai akan berfungsi sebagai OPD yang mengurusi bagian pendapatan Pemkab Taput.

(CAN/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi