Donasi Laptop untuk Pondok Pesantren di Sumut

Donasi Laptop untuk Pondok Pesantren di Sumut
Donasi laptop (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Puluhan laptop didonasikan untuk dibagikan kepada pondok pesantren di Sumatera Utara (Sumut). Donasi dilakukan XL Axiata sebagai bagian dari rangkaian Program Desa Digital Nusantara guna mendorong digitalisasi, termasuk peningkatan literasi digital di kalangan masyarakat desa.

Pondok pesantren yang terpilih sebagai penerima donasi diharapkan akan menjadi motor penggerak digitalisasi serta dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di sektor Pendidikan Pesantren. Selain itu, dalam rangka melaksanakan aksi sosial bertepatan dengan Bulan Suci Ramadan, juga membagikan puluhan paket sembako kepada Pondok Pesantren Yatim An-Nursali.

Direktur & Chief Financial Officer XL Axiata, Budi Pramantika, Group Head People Development, Nashrudin Ismail, dan Group Head West Region, Desy Sari Dewi menyerahkan secara simbolis donasi laptop dan sembako tersebut di Medan.

“Infrastruktur jaringan data 4G kami terus meluas di seluruh Indonesia, yang sebagian di antaranya juga menjangkau area pedesaan. Seiring dengan hal itu, kami berharap bisa ikut mendorong peningkatan literasi digital masyarakat desa, termasuk juga mendukung digitalisasi di kalangan pondok pesantren. Saat ini, kami menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan,” kata Desy, dalam keterangan Sabtu (16/4).

Menurut Desy, pondok pesantren dan masyarakat perlu untuk menyesuaikan diri dengan digitalisasi yang semakin masif di berbagai bidang, termasuk di sektor ekonomi dan sosial, serta area layanan publik. Literasi digital yang terus meningkat akan sangat bermanfaat bagi masyarakat pedesaan, antara lain agar dapat memanfaatkannya guna meningkatkan produktifitas, serta akses ke layanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, sosial.

“Donasi laptop dan sarana akses internet disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa sebagai bagian dari keseriusan kami dalam ikut menyiapkan masyarakat desa memasuki era digital,” sebut Desy.

Pondok pesantren yang menerima donasi laptop adalah Pondok Pesantren Yatim An-Nursali. Ponpes yang telah berdiri sejak tahun 2011 ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 4, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatera Utara. Sedikitnya ada sekitar 200 santri yang belajar di pondok pesantren yang dikelola oleh Yayasan Ralas Ananda ini.

Salah satu program pemberdayaan masyarakat desa yang dijalankan di pesantren ini adalah pengajian bersama ibu-ibu dan bapak-bapak yang dilaksanakan seminggu sekali, pemberdayaan masyarakat pesantren melalui pembinaan ekonomi pesantren serta mendakwahkan Islam melalui media sosial.

Selain laptop, kepada para penerima donasi juga diberikan router dan sarana akses internet gratis sebesar 20GB setiap bulannya selama satu tahun. Bahkan, mereka juga akan mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital, antara lain cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif.

Donasi Paket Sembako

Bertepatan kegiatan Safari Ramadan oleh manajemen dan karyawan area Palembang, Sumatera Selatan. Ada sebanyak 50 paket sembako disalurkan kepada Pondok Pesantren Ma'had Anwaru Thoybah. Penyaluran paket sembako ini menjadi bagian dari upaya silaturrahmi yang terus dijalin dengan masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Desy mengatakan, bagaimanapun juga, pihaknya telah menjadi bagian dari masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan sejak lebih dari 20 tahun lalu. Untuk itu silaturahmi perlu dijaga terus, baik dalam wujud memberikan layanan telekomunikasi dan data terbaik, juga melalui program-program sosial seperti ini.

“Kami akan terus bisa memberikan dukungan kepada Sumatera Selatan melalui berbagai kesempatan sesuai dengan bidang keahlian kami, termasuk peningkatan literasi digital masyarakat hingga ke pelosok pedesaan,” tandasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi