Panglima TNI Tegaskan Komitmen Lestarikan Nilai-Nilai Pancasila

Panglima TNI Tegaskan Komitmen Lestarikan Nilai-Nilai Pancasila
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) (Antara)

Analisadaily.com, Jakarta - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, menegaskan bahwa pihaknya akan tetap loyal dan meneruskan cita-cita Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila di Republik Indonesia.

"Terima kasih atas semua wejangan dan sharing dari bapak. Kami pasti akan loyal dan akan meneruskan cita-cita BPIP untuk melestarikan Pancasila," kata Andika, dilansir dari Antara, Senin (18/4).

Pernyataan tersebut ia sampaikan sebagai respon atas ajakan kerja sama dari BPIP kepada TNI terkait dengan pembinaan ideologi Pancasila, mengingat TNI merupakan salah satu ujung tombak dalam menjaga ideologi Pancasila.

Selain itu, TNI juga merupakan ujung tombak pemerintah untuk menggaungkan nilai-nilai ideologi Pancasila kepada masyarakat Indonesia secara luas.

"Kami pasti tindak lanjuti (ajakan kerja sama ini-red.)," tegas Andika.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPIP Yudian Wahyudi juga mengatakan bahwa sebelum BPIP melakukan kunjungan ke Subdetasemen (Subden) Merdeka Barat, Jakarta, BPIP sudah menjalin komunikasi lebih awal dengan TNI.

"Salah satunya adalah (komunikasi tentang, red.) standar pedoman pembinaan ideologi Pancasila untuk TNI Polri. Dokumen ini sudah pernah dibahas di Bintal di tingkat bapak," ucapnya.

Turut hadir bersama Kepala BPIP, Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno menyampaikan apresiasi kepada Panglima Andika Perkasa yang telah memberi kesempatan untuk melakukan kerja sama dengan BPIP dalam rangka melestarikan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat Indonesia.

"Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Panglima. Bapak Kepala (BPIP, red.) kami ini memiliki kewajiban untuk koordinasi kepada seluruh jajaran pemerintahan, terutama TNI Polri, yang intinya bahwa BPIP ini membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan pembinaan Pancasila," kata Try Sutrisno.

Lebih lanjut, ia berharap agar TNI dapat membangun sinergisitas dengan BPIP dan menjadi salah satu tonggak utama untuk menggaungkan nilai-nilai ideologi Pancasila.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi