51 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Medan, Masyarakat Diimbau Antisipasi Kepadatan

51 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Medan, Masyarakat Diimbau Antisipasi Kepadatan
Gerbang Tol Tebing Tinggi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pada H1 s.d. H+3 Hari Raya Idul Fitri 1443 H (2 s.d. 6 Mei 2022), tercatat 88 ribu kendaraan meninggalkan Kota Medan melalui Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi, meningkat 107% dibandingkan lalu lintas normal November 2021 sebanyak 42 ribu kendaraan.

Pada H+3 Lebaran 2022 atau tanggal 6 Mei 2022. Tercatat sebanyak 17 ribu kendaraan keluar melalui GT Tebing Tinggi, meningkat 82% dibandingkan lalu lintas normal November 2021 sebanyak 9,5 ribu kendaraan.

Jasa Marga mencatat sejak tanggal 22 April s.d. 1 Mei 2022 (arus mudik) ada sebanyak 115,8 ribu kendaraan yang meninggalkan Kota Medan melalui GT Tebing Tinggi.

Sampai dengan tanggal 6 Mei 2022, diprediksi ada sebanyak 51 ribu kendaraan yang belum kembali ke Kota Medan dan akan kembali secara bertahap pada tanggal 7 s.d. 8 Mei 2022.

“Diimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi waktu dan tanggal perjalanan kembali untuk menghindari kepadatan di jalan tol maupun saat transaksi di gerbang tol sehingga perjalanan tetap aman dan nyaman,” kata Pgs. Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division, Taufiqul Hidayat, Minggu (8/5).

Jasa Marga telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi peningkatan volume lalu lintas, baik dengan menyiapkan gardu reversible, menyiagakan petugas dan peralatan mobile reader, kesiapan rest area, maupun berkoordinasi dengan Kepolisian untuk antisipasi rekayasa lalu lintas jika dibutuhkan.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk senantiasa memeriksa kecukupan saldo kartu elektronik dengan mempertimbangkan tarif jarak terjauh. Pastikan kesiapan diri dan kendaraan dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan.

“Jika lelah, manfaatkan Rest Area untuk beristirahat, maksimal 30 menit. Demi keselamatan bersama, selalu patuhi aturan dan rambu-rambu yang berlaku, serta ikuti arahan petugas di lapangan,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi