Miller dan Martin Sayangkan Suzuki Mengundurkan Diri

Miller dan Martin Sayangkan Suzuki Mengundurkan Diri
Jack Miller (kiri) dan Alex Rins (kanan) (Speedweek/Gold Goose)

Analisadaily.com, Australia - Pembalap pabrikan Ducati, Jack Miller, menyesalkan Kejuaraan Dunia MotoGP akan kehilangan salah satu dari "tiga besar" musim depan. Pramac ace ini juga menilai akan ada dampaknya pada pasar pengemudi.

Pengumuman Suzuki akan mundur dari Kejuaraan Dunia MotoGP pada akhir musim ini juga merupakan "kejutan" bagi para pebalap dari pabrik lain, seperti yang dikatakan Jack Miller.

“Sangat disayangkan atau aneh ketika pabrikan seperti itu yang merupakan juara dunia dua tahun lalu keluar – dan terlebih lagi, mereka tampaknya telah membawa motor terbaik mereka sejauh musim ini,” kata Miller dilansir dari Speedweek, Sabtu (21/5).

"Suzuki dan saya datang ke Kejuaraan Dunia MotoGP pada saat yang sama. Melihat mereka sekarang pensiun adalah hal yang menyedihkan. Untuk pengemudi, oke, itu menyebalkan, tetapi mereka adalah dua pengemudi yang sangat baik dan keduanya akan mendapatkan pekerjaan. Tetapi ada 45 atau 50 anggota tim lainnya yang sekarang harus mencari pekerjaan baru untuk menghidupi keluarga mereka. Itu hal yang menyebalkan juga," tuturnya.

The "Thriller" juga melihat gambaran besarnya. Di sini sebagai Kejuaraan Dunia MotoGP, ia bergantung pada pabrikan yang ambil bagian. Honda, Yamaha dan Suzuki, memiliki tiga bek besar itu luar biasa. Sungguh menyedihkan ketika itu tidak lagi terjadi.

"Saya suka variasinya. Saya suka melihat banyak motor yang berbeda dan menjadi bagian dari mereka," ujarnya.

Sebagai pengingat, Ducati akan memberikan sepertiga grid MotoGP pada 2022. Jika lapangan menyusut dari 24 menjadi 22 sepeda pada 2023, proporsinya akan terus meningkat.

Rekan merek Miller di Ducati, Jorge Martin, melihatnya dengan cara yang sama:

"Sayang sekali merek seperti Suzuki meninggalkan kejuaraan dunia pada akhir tahun. Saya berharap para pembalap dan juga anggota tim mendapatkan pekerjaan. Itu mempengaruhi banyak orang dan keluarga. Itu juga tidak bagus untuk MotoGP sebagai merek dan juga tidak untuk pasar pembalap," ucap bintang muda Pramac itu.

Akhirnya, Juara Dunia MotoGP dan pemenang MotoGP tiga kali tersedia untuk tahun 2023 di Joan Mir dan Alex Rins.

“Keduanya akan menemukan tempat, mereka sangat kuat. Saya tidak berpikir akan sulit bagi mereka untuk menemukan sepeda motor. Tapi itu juga berarti pengendara lain tidak akan mendapatkan motornya,” kata Martin.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi