Meta, Google, Twitter Sepakat Perangi Disinformasi

Meta, Google, Twitter Sepakat Perangi Disinformasi
Logo Facebook, Google dan Twitter (Reuters)

Analisadaily.com, Brussels - Unit Meta, Alphabet Google, Twitter, dan Microsoft sepakat untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap disinformasi di bawah kode praktik Uni Eropa yang diperbarui yang dapat dikenakan denda besar jika mereka gagal melakukannya. Lebih dari 30 penandatangan termasuk badan periklanan telah berkomitmen pada Kode Praktik yang diperbarui tentang disinformasi.

Para penandatangan setuju untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi pemalsuan yang mendalam, akun palsu dan iklan politik, sementara ketidakpatuhan dapat menyebabkan denda sebanyak 6 persen dari omset global perusahaan.

Perusahaan, yang termasuk TikTok dan platform e-sports streaming langsung Amazon Twitch, memiliki waktu enam bulan untuk memenuhi janji mereka dan harus menyajikan laporan kemajuan pada awal 2023.

"Kode baru ini adalah kesaksian bahwa Eropa telah mempelajari pelajarannya dan kami tidak naif lagi," kata Wakil Presiden Komisi Eropa, Vera Jourova dalam konferensi pers, Kamis (16/6).

Dia mengatakan invasi Rusia ke Ukraina, pandemi Covid-19 dan penarikan Inggris dari Uni Eropa mempercepat tindakan keras Uni Eropa terhadap berita palsu. Sanksi mungkin termasuk melarang perusahaan dari Eropa, kata kepala industri UE Thierry Breton.

"Jika ada pelanggaran aturan yang konsisten, kami juga dapat berpikir untuk menghentikan akses mereka ke ruang informasi kami," katanya.

Kritikus seperti Asosiasi Televisi Komersial dan Layanan Video on Demand di Eropa (ACT) mengatakan ada kekurangan serius dalam Kode yang direvisi.

"Peninjauan tersebut tidak menawarkan komitmen konkret untuk membatasi 'perilaku manipulatif yang tidak diizinkan'. Komitmen tidak lebih dari pernyataan menyeluruh untuk mengikuti hukum yang jelas dan tidak memerlukan Kode," katanya.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi