BMKG: Hujan Diprakirakan Landa Mayoritas Kota di Indonesia

BMKG: Hujan Diprakirakan Landa Mayoritas Kota di Indonesia
Ilustrasi - Awan hitam tebal menyelimuti langit sebagian wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Analisadaily.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan akan melanda mayoritas kota besar di Indonesia pada Selasa (21/6).

Dalam informasi yang dipaparkan Info BMKG, dijelaskan fenomena atmosfer yang berpengaruh pada kondisi cuaca adalah adanya daerah sirkulasi yang terbentuk di Selat Karimata di sebelah barat Kalimantan Barat, yang menyebabkan terbentuknya perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, yang memanjang dari Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau ada di wilayah Aceh hingga perairan barat Aceh, di wilayah Sumatera Barat hingga Riau, di Bangka Belitung hingga Kepulauan Riau, di Sulawesi bagian tengah dan juga di Maluku.

Fenomena atmosfer lainnya adalah adanya pertemuan angin atau konfluensi yang terbentuk di wilayah laut Jawa, di Sulawesi Tenggara, di Maluku bagian Selatan, di Laut Banda, di Laut Arafuru dan juga di Papua bagian selatan.

Kondisi kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik, konvergensi dan juga konfluensi.

Sehingga, dari wilayah Sumatera, di Banda Aceh, Medan dan Padang serta Tanjungpinang dan juga Palembang diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Sementara itu perlu waspada untuk wilayah Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, dan Pangkalpinang diprakirakan akan diguyur hujan disertai petir, dan untuk wilayah Bandar Lampung diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Beralih ke wilayah Jawa, untuk Jakarta dan Serang diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu untuk Bandung diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas sedang,untuk Semarang diprakirakan berawan dan Jogyakarta diprakirakan akan diguyur hujan disertai petir. Sementara itu untuk Surabaya diperkirakan cerah berawan.

Di wilayah Kalimantan, Pontianak, Palangkaraya Tanjung Selor dan juga Samarinda diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan, dan perlu waspada di Banjarmasin, diperkirakan akan diguyur hujan disertai petir.

Berpindah ke wilayah Nusa Tenggara dan juga Bali. Denpasar dan juga Kupang diprakirakan akan berawan, sementara itu untuk Mataram diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Selanjutnya kita ke wilayah Sulawesi. Manado, Palu dan juga Makassar diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu untuk Gorontalo diprakirakan akan berawan, dan perlu waspada di Mamuju yang diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas lebat.

Sementara itu untuk Kendari diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Yang terakhir di wilayah Indonesia Timur untuk Ternate dan juga Manokwari diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu untuk Ambon diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang dan untuk Jayapura diperkirakan berawan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi