Meriahkan HLH se-Dunia, PWI Sergai dan RSI Tabur 3.000 Bibit Nila

Meriahkan HLH se-Dunia, PWI Sergai dan RSI Tabur 3.000 Bibit Nila
PWI Sergai dan RSI tabur 3.000 bibit ikan nila (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sergai - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) se-dunia ke-50 tahun 2022, Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai (PWI Sergai) bersama Regal Spring Indonesia (RSI) berpartisipasi dengan menabur 3.000 bibit ikan nila bersama Bupati Sergai, Darma Wijaya, di aliran Sungai Belutu, Dusun I Kampung Manggis, Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin,Rabu (22/6).

Bibit ikan nila tersebut ditabur langsung oleh Bupati Darma Wijaya bersama Ketua PWI Sergai, Edi Saputra, dan pengurus Community Affair Sahrial serta Irwansyah selaku Regulatory RSI.

Selain ikan nila, kegiatan peringatan HLH se-dunia tahun 2022 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dipusatkan di Sergai diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut, juga melakukan penaburan benih labi-labi, ikan lele, ikan mas, dan ikan patin, serta kegiatan pencucian sungai dengan ecoenzyme.

Darma Wijaya menjelaskan, penaburan benih ikan nila dan beberapa biota air lainnya itu bertujuan untuk menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem perairan umum, khususnya sungai dan menambah ketersediaan stok ikan serta biota air lainnya di perairan umum.

“Dengan penaburan benih ikan nila diharap dalam waktu 5-6 bulan ke depan banyak manfaat yang dapat diperoleh, diantaranya meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, sumber protein yang tinggi, meningkatkan asupan gizi pada anak, khususnya mendukung perkembangan otaknya,” kata Bupati.

Apresiasi disampaika. Darma kepada PWI Sergai serta RSI yang turut berpartisipasi memeriahkan HLH se-dunia ke-50 tingkat Provinsi Sumut, yang digelar di Sergai, “Semoga bibit ikan yang baru saja kita tabur dapat tumbuh besar dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Ketua PWI Sergai, Edi Saputra, mengucapkan selamat HLH se-dunia. Kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian ekosistem sungai merupakan bagian program kerja PWI Sergai dalam mendukung pemerintah untuk menjaga ekosistem.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada RSI dan Pemkab Sergai yang senantiasa mendukung kegiatan PWI Sergai dalam kegiatan peduli lingkungan sebagai program kerja,” kata Edi Saputra.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi