Jumlah Transaksi Pembayaran E-Samsat di Kota Medan Melonjak Hampir 10 Kali Lipat

Jumlah Transaksi Pembayaran E-Samsat di Kota Medan Melonjak Hampir 10 Kali Lipat
Tokopedia (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Bertepatan pada perayaan hari ulang tahun (HUT) Kota Medan ke-432, Tokopedia ungkap pertumbuhan transaksi produk digital di Kota Medan. Menurut temuan Tokopedia, jumlah transaksi pembayaran E-Samsat Sumatera Utara yang dilakukan oleh pengguna domisili di Kota Medan meningkat hampir 10x lipat pada kuartal II 2022 jika dibandingkan kuartal II 2021.

Head of Digital Goods Tokopedia, Yosep Aditya Susanto, mengatakan memfasilitasi masyarakat di kota Medan untuk membayar retribusi dan penerimaan negara pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi adalah salah satu usaha Tokopedia untuk mendukung reformasi birokrasi dan transparansi finansial di Provinsi Sumatera Utara.

Melalui Tokopedia E-Samsat Sumatera Utara, masyarakat Medan lebih mudah untuk membayar PKB dan mendapatkan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran Elektrik (E-TBPKP).

Selain itu, demi mendorong pelayanan publik go digital, Tokopedia juga menyediakan lebih dari 50 pilihan pembayaran. Mulai dari pembayaran secara cicilan, transfer bank, dan uang elektronik.

Saat ini, layanan Tokopedia E-Samsat tidak hanya hadir di Medan namun dapat digunakan juga oleh masyarakat di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

E-Samsat juga hadir di berbagai wilayah Indonesia. Antara lain Kepulauan Riau, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

“Selain peningkatan transaksi fitur E-Samsat, pada kuartal II 2022 transaksi fitur Penerimaan Negara yang dilakukan oleh pengguna yang berdomisili di Kota Medan juga mengalami peningkatan sebanyak 3x lipat jika dibandingkan pada periode yang sama di 2021,” ucap Yosep.

Berdasarkan catatan Tokopedia, produk Bea Cukai dan Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tercatat sebagai produk Penerimaan Negara dengan kenaikan transaksi paling tinggi di Tokopedia.

Hingga kini, Tokopedia—yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial—telah menyediakan fitur pembayaran pajak digital lebih dari 900 jenis penerimaan negara, yakni Pajak Online (termasuk PPh, PPN, dan Bea Materai), PNBP dan Bea Cukai.

Di sisi lain, Tokopedia tak hanya mendorong digitalisasi pemerintah di sektor pelayanan publik, tapi juga permudah masyarakat Medan memenuhi kebutuhan harian tanpa harus keluar rumah. Berdasarkan riset pada kuartal II 2022, kategori Kesehatan, Makanan & Minuman, Elektronik, Otomotif, dan Rumah Tangga jadi paling populer di Kota Medan.

(JG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi