Polres Langkat Sekat-Periksa Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak di Perbatasan

Polres Langkat Sekat-Periksa Kendaraan Pengangkut Hewan Ternak di Perbatasan
Penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan yang membawa hewan ternak (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Besitang - Polres Langkat melakukan penyekatan dan pemeriksaan terhadap kendaraan yang membawa hewan ternak terkait adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di perbatasan Sumut-Aceh, persisnya di Pospol Polsek Kejuruan Muda Polres Aceh Tamiang.

Penyekatan dan pemeriksaan intensif terhadap kendaraan khusus pengangkut hewan ternak ini, sudah berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (2-3/7), dengan mengerahkan tim terpadu gabungan personel Polres Langkat dan Polres Aceh Tamiang beserta TNI juga Instansi terkait lainnya.

"Tujuan dari giat tersebut guna mengantisipasi dan mencegah PMK yang saat ini ada menyerang hewan ternak sehingga tidak meluas penyebarannya ke daerah lan," kata Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok, Minggu (3/7).

Dikatakannya, dalam waktu dekat perayaan hari besar Idul Adha atau hari berkurban akan berlangsung, untuk itu guna menghindari hal yang tidak diinginkan kita melakukan berbagai upaya agar nanti saat berlangsungnya hari pemotongan hewan kurban dalam keadaan benar benar sehat.

“Penyekatan serta pemeriksaan terhadap kendaraan pengangkut hewan ternak kita lakukan, sebagai antisipasi penyebaran PMK yang saat ini banyak menyerang ternak, kita bekerja sama dengan Polres Tamiang, sekitar dua puluhan personel gabungan (TNI-Polri juga instansi terkait lainnya) dilibatkan dalam giat tersebut,”pungkas Kapolres.

Namun hingga saat ini, tim gabungan belum ada mendapati kendaraan pengangkut hewan ternak yang melintasi jalan lintas umum tersebut, baik itu kendaraan dari Sumut menuju Aceh atau sebaliknya.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi