Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Sumut Rayakan Idul Adha Hari Ini

Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Sumut Rayakan Idul Adha Hari Ini
Ilustrasi - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah menggelar salat Idul Fitri di Pondok Pesantren Darusshofa Marindal, Deliserdang, Rabu (12/5) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada hari ini, Jumat 8 Juli 2022.

Pelaksanaan Salat Idul Adha terpusat di Pondok Pesantren Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun.

"Salat Idul Adha di Pondok Pesantren Bandar Tinggi Simalungun," sebut seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah, Syekh Muda Markum.

Markum menjelaskan, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Kota Medan dan sekitarnya akan melaksanakan Salat Idul Adha di Marendal, Kabupaten Deliserdang.

"Kalau di Medan, kemungkinan di Marendal," ujarnya.

Selain pelaksanaan salat Idul Adha, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah juga akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di Pondok Pesantren Bandar Tinggi, Simalungun.

"Baru saya dapat informasi, 3 ekor lembu," ungkap Markum.

Markum menjelaskan bahwa penetapan 10 Dzulhijjah tahun ini, berdasarkan hisab Qamariyah. Dengan itu, perayaan Hari Raya Idul Adha dilaksanakan jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah lebih awal dari penetapan Kementerian Agama, Minggu 10 Juni 2022.

"Jadi, untuk penetapan ini. Kita sudah lakukan sebelum atau sejak 1 Ramadhan kemarin, berdasarkan kalender Qamariyah," jelas Markum.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi