Edy: Ingatkan Semua Rakyat Bahwa Pramuka Masih Ada

Edy: Ingatkan Semua Rakyat Bahwa Pramuka Masih Ada
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, berfoto selfie dengan para pramuka di Lapangan Bumi Perkemahan Sibolangit, Deliserdang, Sabtu malam (16/7). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, berkemah bersama kwartir Pramuka se-Sumut di Lapangan Bumi Perkemahan Sibolangit, Deliserdang, Sabtu (16/7).

Dia meminta semangat Pramuka terus digelorakan seperti api yang membara, bangkitkan gairah kepramukaan, dobrak terus. Menjadi anggota Pramuka merupakan wujud cinta tanah air. Gairah kepramukaan di Sumut sempat meredup. Ia minta segenap anggota Pramuka untuk menunjukkan diri bahwa Pramuka masih eksis.

"Ingatkan semua rakyat bahwa kita masih ada," kata Edy saat menjadi pembina upacara api unggun Kemah Bersama Mabi dan Kwartir Pramuka se-Sumut.

Edy merasakan betul dampak positif dari mengikuti Pramuka. Dari Pramuka, Ia bisa belajar baris berbaris, melihat kompas, membaca peta, mencari tanaman obat di hutan, semaphore, hingga sandi morse. Semua ilmu yang didapatnya itu digunakannya saat berada di TNI.

"Banyak yang saya dapatkan dari Pramuka, saya bisa seperti ini karena Pramuka," kata Edy.

Kegiatan Kemah Bersama tidak hanya diisi dengan upacara api unggun. Ada hiburan yang diisi oleh para peserta kemah secara berganti gantian di atas panggung besar. Edy membaur dengan para peserta kemah yang menikmati hiburan di atas panggung.

Kepala Pusdiklat Kwarnas Pramuka, Sigit Muryono, mengatakan pidato Edy satu hal yang sangat penting. Ia sepakat dengan apa yang disampaikan Edy mengenai semangat kepramukaan. Ia pun yakin semangat anak-anak Pramuka akan terbakar setelah mendengar pidato Edy.

"Buat kami pidato itu hal yang sangat penting dan tercatat dalam sejarah pendidikan gerakan Pramuka," kata Sigit.

Muhammad Fauzan peserta asal Serdangbedagai merasa termotivasi mendengar pidato Gubernur. Ia merasa bersemangat akan terus menghidupkan kegiatan Pramuka.

"Semangat setelah mendengar pidato Pak Gubernur tadi, seperti yang pak Gubernur katakan tadi, Pramuka akan terus eksis, " kata Fauzan.

Serupa dengan Fauzan, Kiki Ardiansyah peserta asal Deliserdang pun merasa bersemangat setelah mendengar pidato Gubernur. Menurutnya anggota Pramuka memang membutuhkan dukungan moril seperti itu.

"Sangat senang, Gubernur sangat mendukung gerakan Pramuka, ini akan menambah semangat kami dalam gerakan ini, " kata Kiki.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi