W20 Momentum Promosikan Keindahan Danau Toba dan Dongkrak Pariwisata

W20 Momentum Promosikan Keindahan Danau Toba dan Dongkrak Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam pembukaan W20 Summit di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (19/7) (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Parapat - Gelaran W20 Summit yang berlangsung di Danau Toba diharapkan dapat mendongkrak pariwisata agar semakin maju dan menarik para wisatawan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam pembukaan W20 Summit di Hotel Niagara, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (19/7).

Selain Sandiaga Uno, hadir pada acara pembukaan W20 Summit di Danau Toba yaitu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, Chair of W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi, W20 Co-Chair, Dian Siswarini, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, serta para delegasi dari 16 negara.

“Saya berterima kasih kepada para delegasi dari berbagai negara yang hadir ke Danau Toba untuk mengikuti W20 Indonesia Summit. Tentu di momentum ini saya juga ingin menyampaikan, Danau Toba satu destinasi super prioritas objek wisata yang kita terus kembangkan dan promosikan ke dunia,” kata Sandiaga.

Disebutkannya, ada sejumlah komitmen utama yang diakukan dalam waktu dekat ini bekerja sama pemerintah daerah. Pertama dalam komitmen insfratruktur, penerbangan-penerbangan internasional yang akan dibuka untuk memudahkan akses para wisatawan. Kemudian tempat-tempat wisata serta penginapan yang akan terus upgarde.

“Itu modal utama untuk mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba, mendatangkan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara,” sebutnya.

Kemenparekraf optimis melalui W20 Summit ini menjadi ajang mempromosikan keindahan Danau Toba dan budayanya kepada para delegasi yang hadir.

“Setelah acara ini, kita berharap para delagasi bersama rekannya atau keluarganya akan kembali ke sini lagi suatu saat, untuk berlibur dan menikmati kekayaan budaya dan alam Danau Toba yang indah,” tandasnya.

W20 adalah engagement group dalam forum G20 yang mewakili suara perempuan. Isu yang diangkat antara lain kesetaraan gender di ruang publik, kesehatan, pemberdayaan ekonomi perempuan, serta pertahanan terhadap perempuan disabilitas dan perempuan pedesaan.

“Di bawah koordinasi W20, Indonesia dalam forum G20 membawa isu penting mengenai peran perempuan, khususnya di masa krisis pandemi, ekonomi, dan perubahan iklim,” kata Chair of W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi.

W20 Summit di Danau Toba mendatangkan para delegasi-delegasi dari sejumlah dunia, tujuannya untuk memutuskan hal apa yang akan diajukan W20 untuk deklarasi di G20 pada Desember 2022 mendatang.

“Isu prioritas W20 antara lain diskriminasi dan kesetaraan gender, inklusi ekonomi, perempuan marginal dan kesehatan,” paparnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi