Potensi Hujan Lebat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Potensi Hujan Lebat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini
Warga berteduh di bawah payung ketika hujan lebat mengguyur kawasan MH Thamrin dan Bunderan HI, Jakarta. (ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA)

Analisadaily.com, Medan - Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, Martha Manurung, menyampaikan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai potensi hujan lebat di Lereng Timur dan Barat Sumatera Utara pada Selasa (26/7) siang dan malam.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah Lereng timur dan Lereng Barat pada siang dan malam hari," kata Martha dilansir dari Antara, Selasa (26/7).

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada siang hari berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kepulauan Nias, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan dan Pakpak Bharat.

Kondisi serupa dapat terjadi di wilayah Kabupaten Toba, Labuhan Batu, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Medan, SerdSerdang Bedagai, Karo, Dairi, Simalungun, Samosir, Asahan, dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Suhu udara 17.0-33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, angin berhembus dari Barat Daya–Timur Laut dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Berdasarkan pantauan sensor modis melalui Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 terpantau satu titik panas di Kecamatan Huta Raja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi