Seluruh Jemaah Haji Sumut Telah Kembali ke Tanah Air

Seluruh Jemaah Haji Sumut Telah Kembali ke Tanah Air
Kakanwil Kemenag Sumut, Abdul Amri Siregar, saat penyambutan haji Kloter 10 (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Abdul Amri Siregar menyambut kepulangan Kloter 10 atau Kloter akhir Debarkasi Medan di Asrama Haji Medan Selasa (2/8) dini hari pukul 02.08 WIB.

Ikut hadir dalam penyambutan Wakil Bupati Padanglawas Utara (Paluta) Hariro Harahap, Sekda Tapsel, Kakan Kemenag Paluta, Sapiruddin Harahap, Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumut, Zulfan Efendi, serta pejabat lainnya.

Abdul Amri Siregar, sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan menjelaskan, dengan pulangnya Kloter 10 berarti rangkaian pemulangan jemaah haji Debarkasi Medan tahun 2022 telah selesai.

"Alhamdulillah, dengan datangnya Kloter 10 pemulangan jemaah haji tahun 2022 selesai, berjalan aman dan lancar," katanya.

Jemaah haji Sumut berangkat 3.798 orang, kembali ke Tanah Air sebayak 3.795 orang. “Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada para jemaah karena sudah melaksanakan ibadah haji, semoga meraih haji mabrur dan mabrurah,” jelasnya.

Ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut terlibat dalam pelaksanaan haji tahun 2022 ini. “Mewakili seluruh jajaran PPIH embarkasi Medan kami mohon maaf jika ada kesalahan dan pelayanan kurang baik selama pemberangkatan dan pemulangan,” pungkasnya.

Sekretaris PPIH Debarkasi Medan, Zulfan Efendi, menyampaikan secara rinci jumlah jemaah haji yang diberangkatkan 3.798 orang terdiri dari jemaah, petugas Kloter, pembimbing, dan petugas haji daerah.

Sampai saat ini sudah dipulangkan 10 Kloter dengan total yang sudah pulang 3.795 orang. Artinya, seluruh jemaah haji Sumut telah kembali ke Tanah Air. Adapun jemaah haji yang wafat sebayak 4 orang denga rincian Anisa Komis Purba asal Serdang Bedagai wafat di Makkah, Indra sakti Lubis asal Kota Medan wafat di Makkah, Erlina Ginting asal Medan wafat di Makkah, dan Arbaiyah Hasibuan asal Labuhanbatu wafat di RS Haji Medan.

Di samping itu, beberapa hari lalu, seorang jemaah haji sesampainya di Embarkasi Medan sakit dan dirujuk ke Rumah sakit Medan atas nama Roliman Aswan Aruan asal Labuhanbatu Utara dari Kloter 7.

“Alhamdulillah sudah dinyatakan sehat dan sudah pulang dan berkumpul bersama keluarga,” jelasnya.

Ia jug berterimakasih kepada Gubernur Sumut, Kakanwil Kemenag Sumut, serta seluruh pihak yang turut andil sesuai perannya masing-masing, sehingga pelaksanaan haji berjalan sesuai yang diharapkan walapun dengan waktu yang sangat minim.

Wakil Bupati Paluta, Hariro Harahap, bersyukur seluruh jemaah haji telah sampai ke Tanah Air dengan selamat. “Selaku pribadi dan pemerintah saya ucapkan selamat datang kembali ke Tanah Air, semoga menjadi haji yang mabrur,” ucapnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi