Tour of Kemala Belitong 2022, Bangkitkan UMKM dan Pariwisata Laskar Pelangi

Tour of Kemala Belitong 2022, Bangkitkan UMKM dan Pariwisata Laskar Pelangi
Tour of Kemala Belitong 2022, Bangkitkan UMKM dan Pariwisata Laskar Pelangi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Pengurus Kemala Bhayangkari Pusat menyelenggarakan lomba gowes sepeda internasional berhadiah total Rp 460 juta.

Lomba gowes "Tour of Kemala Belitong 2022" dilaksanakan 17-18 September 2022 di kawasan wisata Belitung, Provinsi Bangka Belitung untuk membangkitkan UMKM serta pariwisata di wilayah Laskar Pelangi pasca pandemi Covid-19.

Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari sekaligus Ketua Pelaksana, Winny Agung Budi Maryoto menjelaskan, Tour of Kemala merupakan ajang untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia melalui kompetisi bersepeda bertaraf internasional di berbagai kota di Indonesia, merangsang aktivitas perekonomian pelaku UMKM di berbagai daerah sekaligus menjadi wadah bagi kegiatan bakti sosial. Kegiatan ini direncanakan digelar setahun sekali.

"Dipilihnya Belitung sebagai tempat kegiatan yang perdana karena Belitung memiliki keindahan wisata alam dan fauna. Selain gugus pantainya, juga ada bebatuan unik yang telah ditetapkan Unesco sebagai Global Geopark," ungkap Winny di Jakarta, Rabu (3/8).

Winny menambahkan, gelaran Tour of Kemala juga bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada olah raga sepeda dan mencari bibit atlet sepeda nasional serta untuk menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung sebagai salah satu pulau terindah Indonesia dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul.

"Acara ini menjadi salah satu bagian dari olahraga pariwisata untuk mengangkat pariwisata di Belitung di Kepulauan Belitung dan mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat setelah dunia pariwisata menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid-19," papar Winny.

Parama Nugroho Sekjen PB ISSI menyatakan mendukung kegiatan tersebut dan berharap Tour of Kemala bisa berkelanjutan. Ia juga berharap para peserta Tour of Kemala 2022 untuk menunjukkan semangat juang menjadi yang terbaik.

Tour of Kemala diproyeksikan menjadi agenda tahunan di berbagai wilayah Indonesia yang didukung Pengurus Besar Ikatan Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang mengusung tema "Bersinergi untuk Negeri".

Tour of Kemala Belitong 2022 diadakan dalam 2 katagori baik nasional maupun internasional, serta Byicycle Tour 56 KM yang dapat diikuti peserta non profesional. Tour of Kemala akan didaftarkan ke induk organisasi internasional olah raga sepada UCI (Union Cycle Internationale) sebagai bagain dari UCI Grandfondo.

Pandaftaran dibukan mulai tanggal 3 Agustus melalui www.tourofkemala.com dengan batasan 300 peserta untuk masing-masing kategori.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi