Jokowi Spot di Kaldera Toba, Lokasi Terbaik Memandang Keindahan Danau Toba

Jokowi Spot di Kaldera Toba, Lokasi Terbaik Memandang Keindahan Danau Toba
Konten kreator @taukotembung berfoto di Jokowi Spot, The Kaldera Toba Nomadic Escape, di Desa Sibisia, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Toba - Danau Toba merupakan salah satu danau di Indonesia yang masuk dalam Destinasi Super Prioritas (DSP). Saat ini terus dikembangkan Pemerintah Republik Indonesia, terkhusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Keindahan alam Danau Toba seringkali menjadi ikon pariwisata Indonesia. Destinasi-destinasi wisata di Danau Toba juga semakin banyak dikunjungi wisatawan seiring terus dilakukannya pembenahan.

Satu destinasi wisata yang sedang dan terus dikembangkan adalah The Kaldera Toba Nomadic Escape, di Desa Sibisia, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, yang diresmikan pada 2019, di zaman Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Lokasinya sangat strategis, tepat di bibir tebing dan langsung mengarah pada ngarai yang diujungnya terdapat Desa Sigapiton. di The Kaldera Toba Nomadic Escape terdapat Jokowi Spot atau lokasi foto yang view-nya langsung ngarai yang diujungnya Desa Sigapiton.

Kepala Divisi Komunikasi Publik (Kadiv Komlik) Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Anderson Situmeang mengatakan, lokasi foto Jokowi Spot ini cukup viral di media sosial. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk berfoto.

“Jokowi Spot merupakan salah satu spot terbaik memandang keindahan Danau Toba. Apalagi jika cuaca cerah, hamparan hijau berpadu dengan birunya langit menyegarkan mata,” kata Anderson, Jumat (5/8).

Kenapa diberinama Jokowi Spot? Karena saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana berkunjung ke The Kaldera Toba Nomadic Escape, keduanya berfoto di lokasi tersebut. Banyak yang menilai, lokasi foto Kepala Negara dan Ibu Negara tersebut sangat bagus dan indah.

“Makanya diberi nama Jokowi Spot,” ujarnya

Dari The Kaldera Toba Nomadic Escape, juga dapat melihat Desa Sigapiton, yaitu desa yang diapit oleh 2 bukit tinggi di kanan kirinya. Sigapiton merupakan desa wisata yang digagas Kementerian Pariwisata.

Rencananya dibangun kereta gantung dari The Kaldera Toba Nomadic Escape ke Desa Sigapiton. Pengerjaan kereta gantung ini melibatkan sejumlah kementerian, agar mempermudah akses wisatawan menuju dan dari Desa Sigapiton ke The Kaldera Toba Nomadic Escape.

“Untuk maketnya sudah ada,” sebutnya.

Di The Kaldera Toba Nomadic Escape juga menawarkan glamping atau glamorous camping, merupakan inovasi baru di bidang akomodasi dan pariwisata yang sedang populer beberapa tahun belakangan.

“Di sini ada beberala bell tent, ada juga kabin. Kita sedang tahap pembangunan bubble tent,” sebut Anderson.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi