Membangkitkan Semangat Berzakat dan Berwakaf Masyarakat Sumut

Membangkitkan Semangat Berzakat dan Berwakaf Masyarakat Sumut
Assoc Prof Ahmad Fauzi sebagai panitia dan fungsionaris Partai Golkar (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - IPTEK Partai Golkar melakukan Dialog Tegas Tuntas Singkat (TTS) melalui zoom bertemakan “Zakat/Wakaf Produktif” untuk membangkitkan semangat berzakat dan berwakaf bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Menurut Assoc Prof Ahmad Fauzi, sebagai panitia dan fungsionaris Partai Golkar menargetkan acara tersebut memberikan perubahan pimikiran dan semangat bagi masyarakat islam khususnya, untuk berzakat dan berwakaf produktif, sehingga bisa menciptakan kebangkitan ekonomi umat di Provinsi Sumut.

“Acara ini diharapkan akan membawa perubahan untuk menciptakan mustahik (orang yang berhak menerima zakat) menjadi muzakki (orang berhak membayarkan zakat) karena zakat dan wakaf dilakukan secara berproduktif dengan artian “mengajari memancing dari pada memberikan ikan”. Sebab memberikan hanya sekali dengan memancing bisa berkali-kali,” kata Fauzi, Selasa (9/8).

“Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajeksah, untuk bisa membangkikan semangat berzakat di Sumut, semua pihak harus berperan aktif, karena zakat di Sumut masih sekitar 2% dari potensi Rp 8 triliun,” tambah Fauzi.

Narasumber pada acara tersebut, Sulaiman Ariga, yang juga sebagai Direktur Dhuafa Waspada menjelaskan pontesi zakat di Indonesia Rp 327 triliun. Sedangkan di Sumut pontesi zakat Rp 8 triliun per tahun. Sedangkan yang diterima lembaga dan badan amil zakat di Sumut belum sampai 2% per tahun.

“Seharusnya harus dapat dibangkitkan kembali potensi tersebut, dengan cara membuat aturan yang lebih jelas bagi umat untuk memberikan kepercayaan publik kepada lembaga-lembaga zakat yang ada, dengan cara pelayanan, pengembangan dan pemberdayaan zakat atau wakaf lebih produktif,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi