PLN Siap Sambung Listrik Gratis untuk 5.600 Rumah Tangga di Sumut

PLN Siap Sambung Listrik Gratis untuk 5.600 Rumah Tangga di Sumut
PLN Siap Sambung Listrik Gratis untuk 5.600 Rumah Tangga di Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Jalankan program bantuan listrik gratis dari pemerintah, PLN UIW Sumatera Utara (Sumut) targetkan sambung listrik gratis sebanyak 5.600 sambungan untuk rumah tangga tidak mampu.

Program Bantuan Pasang Baru Listrik dalam program BPBL diperuntukkan untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berada di daerah 3T atau rumah tangga tidak mampu yang layak menerima BPBL berdasarkan validasi kepala desa/lurah atau pejabat setingkat.

“Program BPBL bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi, pada momen Kemerdekaan RI ke-77 ini PLN memenuhi kebutuhan listrik khususnya rumah tangga tidak mampu yang belum tersambung dengan listrik PLN,” ungkap Chairuddin, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW Sumut, Kamis (18/8).

Kegiatan yang berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu ini akan menyasar sebanyak 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia yang tersebar di 2.152 Desa/Kelurahan di 17 Provinsi di Indonesia. Program ini dilaksanakan menggunakan pendanaan APBN tahun 2022.

“Untuk Sumut sendiri sebanyak 5.600 rumah tangga tidak mampu yang tersebar di Wilayah Kerja PLN UP3 Medan, PLN UP3 Lubuk Pakam dan PLN UP3 Bukit Barisan. Pelaksanaan akan dilakukan bertahap, pada tahap pertama akan dinyalakan 178 pelanggan di Kabupaten Deliserdang pada momen Kemerdekaan RI ke-77,” tambah Chairuddin.

Skema pada program bantuan ini, calon penerima BPBL akan mendapatkan pemasangan instalasi tenaga listrik, pemeriksaan dan pengujian instalasi tenaga listrik, penyambungan baru dan pengisian token listrik perdana.

Abdul Malik, seorang petani penerima program BPBL yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan pemerintah ini.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah, juga kepada PLN, rumah saya sekarang terang. Terima kasih, sekali lagi terima kasih," tutur Abdul Malik.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi