Lantik Dua Wali Kota, Edy Ingatkan Soal Pemberantasan Narkoba

Lantik Dua Wali Kota, Edy Ingatkan Soal Pemberantasan Narkoba
Gubernur Sumatera Utara, Rahmayadi melantik Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani dan Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib di Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (22/8). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Gubernur Sumatera Utara, Rahmayadi melantik Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani dan Wali Kota Tanjungbalai, Waris Tholib. Keduanya diminta mempercepat serapan anggaran daerahnya masing-masing.

Kata Edy, penyerapan anggaran sangat mempengaruhi inflasi. Kini inflasi di Sumut sudah mencapai 5,6 persen. Inflasi ini ibarat tensi, batasnya 3 plus minus 1 persen, lewat dari situ berarti dia tensinya tinggi.

"Hati-hati kalau dia plus semakin tinggi, bisa stroke, kalau minus bisa masuk kuburan, inilah inflasi," kata Edy saat pelantikan Walikota Pematangsiantar dan Walikota Tanjungbalai di Medan, Senin (22/8).

Ia juga meminta agar kepala daerah yang baru dilantik segera melakukan konsolidasi dengan berbagai pihak, agar program pembangunan daerah berjalan dengan baik.

"Sayangi rakyat, cintai rakyat sepenuh hati anda, konsolidasi, lakukan lobi politik dalam rangka kepentingan rakyat, bukan kepentingan pribadi atau kelompok," ucap Edy.

Edy berpesan agar keduanya melakukan tata kelola keuangan pemerintahan yang baik dan benar. Dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

Selain itu, keduanya juga diminta untuk memberantas narkoba. Untuk melawan narkoba diperlukan sinergi yang ketat oleh seluruh pihak.

"Narkoba ini harus kita selesaikan, kita harus bersama-sama melawan ini," katanya.

Waris sebelumnya menjabat Wakil Wali Kota Tanjungbalai dan jadi Pelaksana Tugas. Begitu pula dengan Susanti yang menjadi Pelaksana Tugas Wali Kota Siantar menggantikan Wali Kota nya yang meninggal dunia.

Waris menyampaikan akan terus melanjutkan program pembangunan yang telah berjalan. Berupaya untuk meningkatkan realisasi anggaran. Ia menargetkan paling tidak realisasi anggaran harus di atas 50 persen.

"Kami akan terus berupaya, perjalanan proyek masih terus berjalan," kata Waris.

Susanti merasa syukurnya telah dilantik sebagai walikota definitif.

"Alhamdulillah, ini hari baik bagi kita masyarakat Siantar memiliki walikota yang baru, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung, semoga akselerasi pembangunan di Siantar lebih cepat lagi, semoga Pematangsiantar lebih maju lagi," kata Susanti.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi