Dosen UMSU Rancang Sistem Pengelolaan Arsip Digital di SMK Tri Karya

Dosen UMSU Rancang Sistem Pengelolaan Arsip Digital di SMK Tri Karya
Dosen UMSU Rancang Sistem Pengelolaan Arsip Digital di SMK Tri Karya (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIK-TI) Program Studi Teknologi Informasi UMSU mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM).

Kali ini, PKM dilksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Karya Sunggal dengan tema “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Digital Berbasi Web untuk Mengatur Sistem Kearsipan”.

Kegiatan ini terselenggara di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMSU bermitra dengan SMK Tri Karya Sunggal, di mana Ketua Yayasan Perguruan Tri Karya adalag Deswanta Barus.

Kegiatan ini dapat terlaksana dengan memperoleh sumber dana APB UMSU tahun 2022 yang diketuai Indah Purnama Sari, dengan anggota Ismail Hanif Batubara, dan Al-Khowarizmi, Dekan FIK-TI, serta dibantu mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Aulil Mushalli serta Farhan Febryan.

Indah Purnama Sari menjelaskan, latar belakang PKM didasari pada seringnya muncul permasalahan dalam pengelolaan arsip atau dokumen yang dilakukan secara manual, sehingga tim pelaksana PKM membuat sebuah sistem aplikasi Arsip Digital Berbasis Web yang memberikan manfaat secara lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan arsip atau dokumen.

“Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu perwujudan nyata pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi, di mana seorang dosen dituntut untuk tidak hanya sekedar mengajar dan mengadakan penelitian saja, akan tetapi juga mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat,” sebutnya, Kamis (1/9).

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi