Amanan Pilkades Asahan, 1.890 Personil Dikerahkan

Amanan Pilkades Asahan, 1.890 Personil Dikerahkan
Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj sedang memimpin apel pengamanan Pilkades di halaman Mapolres Asahan, Selasa (6/9). (Analisadaily/Arifin)

Analisadaily.com, Kisaran - Sebanyak 1.890 personil gabungan yang terdiri 340 personil Polres Asahan, 100 personil Sat Sabhara Polda Sumut, 100 personil Brimob Polda Sumut, 100 personil TNI dari Kodim 0208/AS, 300 personil Satpol PP Asahan dan 950 petugas linmas untuk pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022, yang akan digelar, Rabu (7/9).

"Besok ada 89 Desa yang ada di Kabupaten Asahan akan menggelar Pilkades, maka 1.890 personil gabungan yang akan dikerahkan untuk mengamankan proses berjalannya Pilkades," kata Kapolres Asahan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj saat dikonfirmasi usai melaksanakan pengamanan demi di depan gedung DPRD Asahan, Selasa (6/9).

Lebih lanjut AKBP Roman mengatakan, bahwa pihaknya bersama Camat juga ikut melakukan pengawalan untuk mengantarkan logistik ke tempat yang sudah ditentukan.

"Pagi tadi kita sudah melakukan apel konsolidasi dengan pemerintah agar proses Pilkades ini bisa berjalan lancar," jelasnya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, pihaknya telah dibantu personil dari Polda Sumut dengan melakukan patroli dengan melihat situasi di lapangan yang sudah ditentukan.

"Artinya kalau ada gejolak, maka kita tinggal menunggu laporan atau informasi dari rekan kita yang di lapangan untuk dilaksanakan patroli, yang jelas pengamanan yang kita lakukan sudah sangat maksimal," ujarnya.

Dia juga berharap pada Pilkades ini dapat berjalan dengan aman, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil karena ini kepentingan masyarakat desa untuk memilih pemimpinnya yang lebih baik.

"Semalam sebanyak 307 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 89 Desa yang mengikuti Pilkades sudah melakukan deklarasikan damai, dimana Cakades tidak akan melakukan mony politik, manipulasi data dan tidak melakukan manuver yang bisa membuat keributan pada saat Pilkades berlangsung," ujarnya.

(ARI/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi