Jenazah Azyumardi Azra Dimakamkan di TMP Kalibata

Jenazah Azyumardi Azra Dimakamkan di TMP Kalibata
Suasana rumah duka Prof Azyumardi Azra di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (18/9/2022). (ANTARA/Benardy Ferdiansyah)

Analisadaily.com, Jakarta - Sekretaris pribadi Profesor Azyumardi Azra, Vemi Nurbaini, membenarkan jenazah Azyumardi akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Bapak kan menerima Bintang Mahaputera, jadinya mau disiapkan untuk di Taman Makam Pahlawan," kata Vemi di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten dilansir dari Antara, Minggu (18/9).

Vemi mengatakan ia sedang menyiapkan semua berkas untuk keperluan pemakaman Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Vemi menginformasikan saat ini jenazah Azyumardi masih berada di rumah sakit di Malaysia.

"Memang saat ini Bapak belum bisa pulang kembali ke Tanah Air, terakhir 'update'-nya memang masih di rumah sakit dan masih bersama Pak Dubes Hermono (Dubes RI untuk Malaysia)," ucap Vemi.

Kendati demikian, ia mengaku belum mendapat informasi lebih lanjut soal waktu pasti jenazah Azyumardi tiba di Tanah Air.

"Sampai saat ini belum ada, paling itu besok, paling lambat besok," kata dia.

Sementara itu Armia Putriana, keponakan Azyumardi, menyatakan menerima informasi bahwa Rekor UIN Syarif Hidayatullah sedang mengusahakan agar jenazah Azyumardi dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

"Ini Rektor UIN mengusahakan untuk di pemakaman pahlawan, tetapi mau di mana pun kami berharap Bapak bisa pulang, kondisi tadi terakhir kami 'video call' Bapak sudah dikafani, sebelum ditutup wajahnya bahagia ceria 'happy', kata Armia di di rumah duka.

Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi