Gempa di Tapanuli Utara, Bantuan Logistik Diharap Sampai Hari Ini

Gempa di Tapanuli Utara, Bantuan Logistik Diharap Sampai Hari Ini
Salah satu rumah warga di Tarutung, Tapanuli Utara yang terdampak gempa bumi magnitudo 6,0 skala richter, Sabtu (1/10) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, mengirimkan bantuan logistik yang dibutuhkan masyarakat terdampak bencana gempa bumi di Tarutung, Tapanuli Utara, Sabtu (1/10) dini hari tadi. Bantuan logistik yang dibawa di antaranya bahan kebutuhan pokok, tenda pengungsian, selimut, matras pengungsi, dan makanan untuk kebutuhan keluarga.

Sementara itu, kaji cepat yang akan dilakukan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Utara di antaranya mendata dampak kerusakan mulai dari rumah, fasilitas umum, hingga fasilitas sosial. Sehingga nantinya bisa dilakukan penanganan seperti pendirian dapur umum, tenda pengungsi, dan kebutuhan dasar lain untuk masyarakat.

“Kita sudah kirim bantuan logistik dan tim personel kaji cepat ke lokasi terdampak bencana. Kaji cepat ini harus segera dilakukan, evaluasi dan pendataan,” kata Kepala BPBD Sumut, Haris Lubis melalui telepon, Sabtu (1/10).

Bantuan logistik diharapkan dapat sampai ke masyarakat pada hari ini. Sehingga segera didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak becana yang membutuhkan bantuan.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 6,0 skala richter mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara pada Sabtu (1/10) pukul 02:28 WIB. Berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Utara, gempa mengakibatkan kerusakan sejumlah bangunan rumah, perkantoran, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.

Dilaporkan juga jalan rusak dan ambles, pohon tumbang dan longsor. Pasar Sarulla, Pahae Jae, Taput juga dilaporkan terbakar usai terjadi gempa tersebut. Satu orang warga juga dilaporkan meninggal dunia akibat gempa yang berpusat di darat 15 km barat laut Taput dengan kedalaman 10 km.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi