PKM USU Pantau Program Peningkatan Literasi Anak di Rupin YAFSI

PKM USU Pantau Program Peningkatan Literasi Anak di Rupin YAFSI
Lembaga PKM USU saat kunjungan ke Rumah Pintar (Rupin) YAFSI, di Lingkungan I Kelurahan Amplas Medan. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Sumatera Utara (USU), melaksanakan kunjungan lapangan terhadap program Peningkatan Literasi Anak Melalui Dongeng Nusantara di Rumah Pintar (Rupin) YAFSI, di Lingkungan I Kelurahan Amplas Medan pada Jumat (30/9).

"Kegiatan ini bagus dan positif, jadi sudah seharusnya dikembangkan di lingkungan lainnya. Masyarakat juga harus proaktif dalam mendukung kegiatan positif," kata dr. Drs. Fikarwin.

Dosen Antropologi Fisip USU ini menuturkan, saat ini banyak sekali ancaman yang harus diwaspadai masyarakat. Seperti kasus-kasus di dunia digital sampai narkoba.

"Kesadaran masyarakat itu sendiri penting dalam menyelamatkan anak-anak kita di masa sekarang ini. Kegiatan Rumah Pintar seperti ini sangat bagus dan harus didukung. Program yang berkelanjutan seperti ini sangat bagus," tuturnya.

Hal ini sejalan dengan latar belakang Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut, yaitu peningkatkan literasi pada anak yang harus didukung dengan fasilitas dan kualitas pendidikan yang tepat.

Sementara itu, Ketua PKM USU, Pujiono menambahkan selama melakukan pengabdian, tim memberikan bantuan barang dan jasa kepada Rupin YAFSI, seperti buku-buku cerita dongeng nusantara, juga pelatihan mendongeng bagi relawan Rupin.

"Harapannya kegiatan ini dapat menguatkan ketertarikan anak pada literasi," tambahnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi