Nakes Ajak Pelajar Sayangi Kesehatan Mata

Nakes Ajak Pelajar Sayangi Kesehatan Mata
Para nakes yang memberikan edukasi kesehatan mata di Yayasan Perguruan Kesatria, Medan, Jalan Gedung Arca, Medan, Selasa (4/10) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Maraknya penggunaan gadget di kalangan pelajar dapat berdampak kepada kualitas kesehatan mata. Untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan perangkat beradiasi, tenaga kesehatan (nakes) mengajak pelajar di Kota Medan menyayangi mata dengan menggunakan gadget sewajarnya.

Seperti yang dilakukan dr Okkis R Siregar AMD RO di Yayasan Perguruan Kesatria, Medan, Jalan Gedung Arca, Medan, Selasa (4/10). Selain memberikan edukasi, dokter yang merupakan Owner Optik Regar ini juga melakukan pemeriksaan dini kesehatan mata, baik kepada siswa dan masyarakat.

"Karena pada masa digital ini masalah penglihatan kerap terjadi pada siswa dan siswi, mulai dari penglihatan kabur, berbayang, mata lelah, dan pusing. Dengan hadirnya kita, diharapkan dapat memberi edukasi terkait problem penglihatan," katanya.

Okkis menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan antara lain pemeriksaan visus, koreksi kelainan refraksi, amsler grid, uji sensitivitas kontras, hingga ishihara (buta warna). Juga turut dilakukan pemeriksaan kesehatan, berupa tekanan darah, gula darah, kolesrerol dan asam urat, dan pemberian obat-obatan.

"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan baik," tandasnya.

Ayu Wilda salah satu warga yang mengikuti pemeriksaan menilai kegiatan ini sangat membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan matanya. Dia juga berharap kegiatan seperti ini dapat rutin dilakukan.

"Sangat bermanfaat, karena yang nggak tahu ada yang mines atau silinder sekarang menjadi tahu," ucapnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi