Formasi Berikan Edukasi dan Bibit Mangga Kepada Warga Samosir

Formasi Berikan Edukasi dan Bibit Mangga Kepada Warga Samosir
Formasi menggelar sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Samosir, Selasa (25/10). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Forum Mahasiswa Samosir (Formasi) menggelar sosialisasi pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Samosir, Selasa (25/10).

Ketua Formasi, Vian Sihotang, mendatangi warga Kabupaten Samosir untuk mensosialisasikan pencegahan Karhutla itu digelar di Desa Sipitu Dai Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Desa Janji Martahan Kecamatan Harian. Vian Sihotang bersama rombongan memberikan edukasi tentang pencegahan Karhutla kepada warga.

"Hari ini kami melakukan edukasi kepada warga tentang pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Vian menuturkan hal ini dilakukan guna menyikapi sering terjadinya kebakaran hutan di Wilayah Kabupaten Samosir. Pada tahun 2022 ini ada 4 kecamatan di kabupaten dengan lahan seluas 150 Ha sudah terbakar.

"Sebagian besar terjadi karena pembukaan lahan dengan membakar hutan dan lahan yang dilakukan oleh warga. Kita menyampaikan kepada masyarakat agar kiranya dapat mencegah agar tidak terjadi lagi Karhutla, dengan tidak melakukan pembukaan lahan dengan membakar dan bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan," ucapnya.

Formasi juga memberikan bantuan bibit mangga kepada warga. Seorang warga, marga Simbolon, mengapresiasi yang dilakukan oleh Formasi dan mengucapkan terimakasih atas kedatangan yang memberikan sosialisasi dan bantuan pohon mangga yang diberikan.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi